Pemerintahan

Lakukan Inovasi Tiada Henti, Pemkot Tegal Bertekad Wujudkan Pemerintahan Berbasis Elektronik

Selasa, 26 Oktober 2021 - 18:51 | 19.52k
Kepala Disnakerin Kota Tegal, R Heru Setyawan memberikan paparan pada sesi penjurian TOP Digital Award 2021. (Foto: Heru Setyawan For TIMES Indonesia)
Kepala Disnakerin Kota Tegal, R Heru Setyawan memberikan paparan pada sesi penjurian TOP Digital Award 2021. (Foto: Heru Setyawan For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGAL – Pemerintah Kota Tegal (Pemkot Tegal) terus berupaya menjadikan digitalisasi sebagai bidang pelayanan Ketenagakerjaan dan Perindustrian. Hal tersebut disampaikan R Heru Setyawan selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) dalam presentasi Implementasi e-Goverment untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang berkualitas serta terpercaya di Aula Kantor Disnakerin Kota Tegal, Selasa (26/10/2021).

Menurut Heru, dalam mewujudkan visi dan misi digitalisasi pelayanan ketenagakerjaan dan perindustrian, dirinya menyebutkan bahwa diperlukan peningkatan pelayanan ketenagakerjaan dari hulu ke hilir, selanjutnya peningkatan digitalisasi usaha industri dan pemasaran produk Industri Kecil Menengah (IKM) serta peningkatan sistem administrasi kantor berbasis elektronik.  

“Terkait dengan budaya kerja dan sharing values yang ada, kami memiliki budaya kerja yang PRIMA (Profesional, Responsif, Integritas, Melayani, Akuntabel). Spirit yang kami bangun dengan nilai keberasamaan dan seluruh personil yang ada di dinas untuk selalu melakukan Inovasi tiada henti,” ungkap Heru saat sesi penjurian TOP Digital Award 2021 kepada Times Indonesia.

heru

Heru menjelaskan, berkaitan dengan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik, Dia memiliki gagasan ide dalam mengimplementasikan Disnakerin Kota Tegal dengan menggandengan sejumlah pihak serta kalangan akademisi.

“Konsepnya ada pada kami, kami berdiskusi, membangun MOU dan mengevaluasi. Maka, konsep yang diinginkan kami bisa terlaksana dengan baik di sektor bisnis maupun di komunitas masyarakat serta membangun jaringan kepada rekan-rekan media,” bebernya.

Kemudian, dia menyampaikan, keterkaitan dengan masalah anggaran, dirinya menyebut bahwa anggaran Disnakerin Kota Tegal ditahun 2020 hingga 2021 terkena refocusing. Namun,Heru tetap bertekad untuk mengembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Anggaran kami terbatas, namun kami akan terus mencoba membangun jaringan dengan lembaga pendidikan dan pranata komputer dalam mengembangan pemerintahan yang berbasis elektronik,” paparnya.

Heru Setyawan b

Selain itu, pria asli kelahiran Klaten tersebut bersikeras bahwa Pemkot Tegal on the right track yang menunggu kebijakan pemerintah yang memungkinkan diinisasi oleh Dinas Kominfo. “Pada intinya yang diamanatkan dalam Perpres untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta berkomitmen terhadap penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya,” ujarnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES