Peristiwa Daerah

Tahun Depan, Pemkab Bondowoso Naikkan Jumlah Bantuan Rutin untuk Ponpes

Selasa, 26 Oktober 2021 - 17:16 | 38.83k
Plt Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Abdul Mufid (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Plt Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Abdul Mufid (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso (Pemkab Bondowoso) melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), memberikan bantuan rutin tahunan kepada ratusan pondok pesantren (Ponpes).

Tahun 2022 mendatang, Pemerintah Kabupaten Bondowoso sudah pasti menaikkan bantuan tersebut. Plt Kepala Bagian Kesra (Kabag Kesra), Abdul Mufid mengatakan, bantuan tersebut bakal naik sebesar Rp 2,5 juta.

"Kemarin-kemarinnya pesantren menerima sebesar Rp 5 juta. Tahun depan naik menjadi Rp 7,5 juta," katanya.

Adapun jumlah pesantren yang menerima bantuan tahunan tersebut masih sama dengan tahun kemarin. Yakni sebanyak 213 pesantren. Dari jumlah 213 pensantren dikali Rp 7,5 juta. Maka dibutuhkan anggaran Rp 1,5 miliar lebih.

"Bantuan tersebut dibagikan setiap setahun sekali. Ya untuk membantu biaya operasional pesantren," katanya.

Adapun syarat pesantren yang akan mendapatkan bantuan. Yakni di antaranya harus terdaftar di Kemenang (Kementerian Agama). "Seperti harus punya piagam Ijin operasional, Kemenkumham. Serta minimal ada 15 santri yang mukim atau menetap di pondok," paparnya.

Menurutnya, bantuan dana tersebut bisa digunakan untuk rehab ringan, opresinal seperti bayar air, bayar listrik, beli perlengkapan dan lain-lain. Program ini bagian dari penguatan keberpihakan pemerintahan bupati KH Salwa Arifin dan Wabup Irwan Bachtiar Rahmat ke pesantren 

"Hal itu sesuai dengan amanah RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2018 -2023," jelasnya.

Memang kata dia, besaran bantuan rutin tahunan kepada ratusan pondok pesantren (Ponpes) tersebut tidak seberapa. "Tetapi minimal bisa sedikit meringankan. Semoga Pemkab Bondowoso ke depan bisa terus meningkatkan batuan rutin tahunan untuk pesantren," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES