Peristiwa Internasional

Palang Merah Dunia Desak Indonesia Bantu Penanganan Covid-19 di Papua Nugini 

Selasa, 26 Oktober 2021 - 11:56 | 38.86k
Seorang relawan dari Palang Merah Dunia saat memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi. (foto: Dokumen/Ruters)
Seorang relawan dari Palang Merah Dunia saat memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi. (foto: Dokumen/Ruters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah Dunia mendesak pemerintah RI, untuk membantu Papua Nugini dalam penanganan pandemi covid-19.

Seperti dilaporkan Reuters, Sekretaris Jenderal Palang Merah PNG Uvenama Rova mengatakan rumah sakit di Papua Nugini sudah penuh. Kondisi semakin mengenaskan karena banyak pasien ditolak, baik di daerah provinsi serta ibu kota, Port Moresby.

Palang Merah Dunia menyerukan bantuan kemanusiaan dari kelompok lain yang paling dekat. Oleh karena itu, Indonesia dinilai bisa mengambil tindakan dan membantu Papua Nugini.

“Upaya mendesak dan dukungan lebih lanjut diperlukan dalam perawatan kesehatan untuk mencegah hilangnya nyawa secara besar-besaran dalam beberapa hari dan minggu mendatang,” kata Rova.

Menurut data pemerintah terbaru yang tersedia, kasus virus corona di negara kepulauan berpenduduk 9 juta jiwa itu telah melonjak dalam beberapa pekan terakhir, dengan 385 kasus baru tercatat pada Kamis.

“Di semua wilayah PNG, kami sangat prihatin bahwa risiko rawat inap dan kematian akibat Covid-19 meroket karena infrastruktur kesehatan yang terbatas, tingkat penyakit yang tinggi, semuanya diperparah dengan buruknya akses ke air bersih, fasilitas kebersihan dan sanitasi," imbuhnya.

Laporan juga menyebutkan, ada 26.731 kasus infeksi yang dikonfirmasi secara resmi dan 329 kasus kematian di negara yang berjarak 150 km utara Australia. Kurang dari 1 persen populasi telah sepenuhnya divaksinasi, menurut angka Our World in Data. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES