Peristiwa Internasional

Astronom Temukan Planet Pertama di Luar Galaksi Bima Sakti

Selasa, 26 Oktober 2021 - 07:54 | 86.58k
Temuan ini berasal dari pengamatan biner sinar-X - bintang neutron atau lubang hitam yang menarik gas dari bintang pendamping. (FOTO: BBC/ESA)
Temuan ini berasal dari pengamatan biner sinar-X - bintang neutron atau lubang hitam yang menarik gas dari bintang pendamping. (FOTO: BBC/ESA)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Para astronom telah menemukan petunjuk yang bisa jadi menjadi planet pertama yang pernah ditemukan di luar galaksi Bima Sakti.

Hampir 5.000 "eksoplanet", dunia yang sejauh ini mengorbit bintang di luar matahari telah ditemukan,  namun semuanya terletak di dalam galaksi Bima Sakti.

Dilansir BBC, sinyal planet yang ditemukan oleh Teleskop Chandra X-Ray milik NASA itu ada di galaksi Messier 51. Letaknya sekitar 28 juta tahun cahaya dari Bima Sakti.

Penemuan baru ini didasarkan pada transit, di mana lintasan sebuah planet di depan bintang menghalangi sebagian cahaya bintang dan menghasilkan penurunan karakteristik kecerahan yang dapat dideteksi oleh teleskop.

galaxyMessier 51 juga disebut Galaksi Pusaran Air karena bentuk spiralnya yang khas. (FOTO: BBC/NASA/ESA)

Teknik umum ini telah digunakan untuk menemukan ribuan exoplanet.

Dr Rosanne Di Stefano, astrofisikawan di Center for Astrophysics, Harvard & Smithsonian dan rekannya di Cambridge, Amerika Serikat mencari dips dalam kecerahan sinar-X yang diterima dari jenis objek yang dikenal sebagai biner terang sinar-X.

Objek-objek ini biasanya berisi bintang neutron atau lubang hitam yang menarik gas dari bintang pendamping yang mengorbit dekat. Bahan di dekat bintang neutron atau lubang hitam menjadi sangat panas dan bersinar pada panjang gelombang sinar-X.

Karena daerah yang menghasilkan sinar-X terang kecil, sebuah planet yang lewat di depannya dapat menghalangi sebagian besar atau semua sinar-X, membuat transit lebih mudah dikenali.

Anggota tim menggunakan teknik ini untuk mendeteksi kandidat exoplanet dalam sistem biner yang disebut M51-ULS-1.

"Metode yang kami kembangkan dan gunakan adalah satu-satunya metode yang saat ini dapat diterapkan untuk menemukan sistem planet di galaksi lain," kata Di Stefano seperti diungkapkannya kepada BBC News.

"Ini adalah metode unik, sangat cocok untuk menemukan planet di sekitar biner sinar-X pada jarak berapa pun dari mana kita dapat mengukur kurva cahaya," ujarnya.

Biner ini berisi lubang hitam atau bintang neutron yang mengorbit bintang pendamping dengan massa sekitar 20 kali massa Matahari. Bintang neutron adalah inti runtuh dari apa yang pernah menjadi bintang masif.

Transit berlangsung sekitar tiga jam, di mana emisi sinar-X menurun menjadi nol.

Berdasarkan informasi itu dan data lainnya, para astronom memperkirakan bahwa calon planet akan seukuran Saturnus, dan mengorbit bintang neutron atau lubang hitam sekitar dua kali jarak Saturnus dari Matahari.

Di Stefano mengatakan, teknik yang telah begitu sukses untuk menemukan exoplanet di Bima Sakti gagal saat mengamati galaksi lain.

Ini sebagian karena jarak yang sangat jauh mengurangi jumlah cahaya yang mencapai teleskop dan juga berarti bahwa banyak objek yang berdesakan ke dalam ruang kecil (seperti yang dilihat dari Bumi), sehingga sulit untuk menentukan bintang individu.

Dengan sinar-X, lanjut dia,  mungkin hanya ada beberapa lusin sumber yang tersebar di seluruh galaksi, sehingga pihaknya bisa menyelesaikannya. Selain itu, sebagian dari sumber ini sangat terang dalam sinar-X sehingga bisa mengukur kurva cahayanya. .

"Akhirnya, emisi sinar-X yang sangat besar berasal dari wilayah kecil yang dapat secara substansial atau (seperti dalam kasus kami) benar-benar terhalang oleh planet yang lewat," katanya.

Para peneliti dengan bebas mengakui bahwa lebih banyak data diperlukan untuk memverifikasi interpretasi mereka.

Salah satu tantangannya adalah bahwa orbit besar kandidat planet berarti ia tidak akan melintas di depan pasangan binernya lagi selama sekitar 70 tahun, menggagalkan segala upaya untuk melakukan pengamatan lanjutan dalam waktu dekat.

Satu kemungkinan penjelasan lain yang dipertimbangkan oleh para astronom adalah bahwa peredupan itu disebabkan oleh awan gas dan debu yang lewat di depan sumber sinar-X.

Namun, mereka pikir ini tidak mungkin, karena karakteristik dari peristiwa tersebut tidak sesuai dengan sifat-sifat awan gas.

"Kami tahu kami membuat klaim yang menarik dan berani sehingga kami berharap astronom lain akan melihatnya dengan sangat hati-hati," kata Julia Berndtsson dari Universitas Princeton, New Jersey.

"Kami pikir kami memiliki argumen yang kuat, dan proses ini adalah cara kerja sains."

Di Stefano mengatakan bahwa teleskop optik dan inframerah generasi baru tidak akan mampu mengkompensasi masalah kepadatan dan redup, sehingga pengamatan pada panjang gelombang sinar-X kemungkinan akan tetap menjadi metode utama untuk mendeteksi planet di galaksi lain.

Stefano mengatakan, metode yang dikenal sebagai microlensing mungkin juga menjanjikan untuk mengidentifikasi planet ekstra-galaksi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES