Pendidikan

Pertama di Indonesia, FTP UB Bikin Aplikasi Marketplace Mahasiswa

Senin, 25 Oktober 2021 - 22:44 | 90.49k
Aplikasi Marketplace ABC e-Mart karya mahasiswa FTP Universitas Brawijaya. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Aplikasi Marketplace ABC e-Mart karya mahasiswa FTP Universitas Brawijaya. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sekelompok mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) membuat aplikasi marketplace yang diklaim pertama di Indonesia.

Menurut Wakil Dekan III FTP-UB Yusuf Hendrawan, STP. M. App. Life. Sc. Ph.D, mengatakan aplikasi yang dibikin oleh mahasiswa ini merupakan pertama kali di Indonesia karena penggunaannya dikhususkan untuk mahasiswa.

"Ini yang pertama di Indonesia yang dikhususkan untuk menampung produk mahasiswa," ujarnya saat peluncuran aplikasi, Senin (25/10/2021).

Nama aplikasinya adalah Aplikasi Agritechno Business Centre (ABC) e-Mart milik FTP UB. Hal yang melatarbelakangi adalah belum adanya wadah yang menampung inovasi dan produk mahasiswa secara sistematis dan dapat dijangkau oleh banyak kalangan.

Kedua, menciptakan pilot project bagi mahasiswa yang ingin fokus dalam membidangi dunia startup yang berbasis teknologi. Ketiga, langkah supportif ABC dan FTP UB dalam mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

FTP Universitas Brawijaya 2

"Keunikan kita tidak hanya melihat aplikasi ABC tapi kami FTP melalui research group kami mendampingi mahasiswa. Mereka harus meneliti dan wajib menghasilkan produk. Kita kasih dana hibah," jelasnya.

Tim creator aplikasi ini adalah Mochammad Rofiul Qorni, Rosevia Galuh Faradila, Rosdy Yanty, Rian Setia Budi dan Khalif Zulfi Haidar.

Direktur Aplikasi, Moch Rofiul Qorni, mengatakan karya ini sebagai penyemangat baru bagi mahasiswa yang cinta inovasi dan dunia entrepreneurship.

"Kita dukung memasarkan produk mereka," ujar mahasiswa semester 7 Jurusan Teknologi Industri Pertanian itu.

Aplikasi marketplace ini bisa diunduh di Play Store dan bisa digunakan 100 user. Jangkauan pengiriman sudah bisa skala nasional. "Produk sudah 15 yang tahap proses upload. Ke depan, tahun ini target 50 produk," tambahnya terkait aplikasi karya mahasiswa FTP UB ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES