Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Pemerintah Abaikan Penghafal Alquran asal NTB yang Ikut Olimpiade Dunia

Selasa, 26 Oktober 2021 - 09:34 | 73.34k
Tangkapan layar postingan yang mengklaim bahwa pemerintah mengabaikan seorang penghafal Alquran bernama Khairurrazak Alhafizi asal Lombok Timur.
Tangkapan layar postingan yang mengklaim bahwa pemerintah mengabaikan seorang penghafal Alquran bernama Khairurrazak Alhafizi asal Lombok Timur.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar narasi di media sosial bahwa pemerintah mengabaikan seorang penghafal Alquran bernama Khairurrazak Alhafizi asal Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang sedang mengikuti Olimpiade Tahfiz Alquran tingkat dunia pada bulan Oktober. Narasi ini beredar di Facebook, dibagikan oleh akun Thomas Indrawan pada 21 Oktober 2021 di grup PARTAI BERKARYA BANYUASIN. 

Berikut narasi lengkap yang dibagikan pengguna akun Thomas Indrawan:

"Mohon doa nya , KHAIRURRAZAK ALHAFIZI, asal Desa Keronglong, Kec. Suralaga, Kab Lombok Timur NTB. Telah berangkat menuju kota Mekkah al Mukkaromah utk mengikuti Olimpiade TAHFIZ AI Qur'an tingkat dunia pada bulan October. Tetap semangat 'Dek walaupun tak di lepas di istana negara layaknya para atlet2 olah raga serta tak di liput khalayak ramai media, kami yakin di dadamu ada semangat utk mengharumkan nama Republik Indonesia melalui lantunan ayat2 suci Al Qur'an. Semoga sukses dan menjadi JUARA Aamiin …aamiin …aamiin yra.

Berhubung Indonesia ga punya Stasiun tv utk diberitakan n diviralkan, kita viralkan saja di group2, lanjutkan."

cek fakta Penghafal Alquran asal NTB 4Sumber: Facebook (https://www.facebook.com/groups/1915723455413657/posts/3092407317745259)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa pemerintah mengabaikan penghafal Alquran bernama Khairurrazak Alhafizi asal NTB, yang sedang mengikuti Olimpiade Tahfiz Alquran tingkat dunia pada bulan Oktober, salah. Diketahui, Khairurrazak Alhafizi tidak berada di Mekkah.

Penelusuran kami menggunakan mesin pencari, menemukan pernyataan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah terkait Khairurrazak Alhafizi. Dalam unggahannya di media sosial Instagram, Zulkieflimansyah menegaskan bahwa Khairurrazak sedang mengikuti Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat nasional di Maluku Utara. 

Khairurrazak tergabung dalam kontingen NTB, mengikuti seleksi STQ Nasional di Maluku Utara. Artinya, ditegaskan oleh Zulkieflimansyah, ia tidak sedang mengikuti kejuaraan dunia.

Zulkieflimansyah menambahkan, kontingan NTB dilepas secara resmi oleh Pemda. Dalam ajang tersebut, kontingen NTB didampingi oleh pemda di bawah pimpinan Ibu Asisten 1 Pemprov NTB. "Dan Alhamdulillah sekarang masuk Final," tulis Zulkieflimansyah di akun Instagram @zulkieflimansyah pada 21 Oktober 2021.

cek fakta Penghafal Alquran asal NTBSumber: Instagram/@zulkieflimansyah

Melansir Republika, Khairurrazak Alhafizi pernah mengikuti lomba tahfiz tingkat dunia di Mekkah pada Oktober 2017 lalu. Saat itu, Khairurrazak berhasil menembus sepuluh besar.

"Di ajang lomba tahfidz Alquran internasional itu, Khairurrazak berhasil masuk 10 besar dengan menduduki peringkat ketujuh," tulis Republika, Jumat (22/10/2021).

cek fakta Penghafal Alquran asal NTB 2Sumber: Gubernur Klarifikasi Foto Putra NTB Ikut Olimpiade Alquran | Republika

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa pemerintah mengabaikan seorang penghafal Alquran bernama Khairurrazak Alhafizi NTB yang sedang mengikuti Olimpiade Tahfiz Alquran tingkat dunia pada bulan Oktober, salah. Faktanya, Khairurrazak mengikuti STQ tingkat Nasional di Maluku Utara, bukan mengikuti Olimpiade Tahfiz Alquran tingkat dunia di Mekkah.
 
Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk dalam kategori Manipulated Content (Konten yang Dimanipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES