Ekonomi

Sentra Idustri Tempe Wanasari Banjarnegara Diresmikan

Senin, 25 Oktober 2021 - 20:37 | 79.12k
Sekda Banjarnegara H Indarto saat meresmikan Sentra Industri Tempe di Wanasari, Kelurahan Argasoka, Banjarnegara. (FOTO: Kominfo for TIMES Indonesia)
Sekda Banjarnegara H Indarto saat meresmikan Sentra Industri Tempe di Wanasari, Kelurahan Argasoka, Banjarnegara. (FOTO: Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Sekretaris Daerah Banjarnegara, H Indarto meresmikan Sentra Industri Tempe di Wanasari, Kelurahan Argasoka, Kecamatan Banjarnegara, Senin (25/10/2021).

Di wilayah tersebut dikenal banyak pelaku usaha industri tempe skala rumahan. Terhitung ada 40 industri rumah tangga yang memproduksi tempe.

Sekda Indarto menilai industri tempe adalah jenis usaha yang menjanjikan dalam meningkatkan perekonomian dan gizi sehat masyarakat.

Dia berharap dengan adanya sentra industri tempe para pelaku industri tempe bisa semakin meningkatkan kualitas produknya.

Selain itu akan mempermudah dalam membangun sinergi dengan berbagai pihak agar industri tempe yang merupakan salah satu simpul perekonomian pemberdayaan masyarakat di Banjarnegara bisa semakin maju.

Sentra Idustri Tempe Wanasari Banjarnegara 2

"Ini menjadi upaya dalam mewujudkan Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera," ujarnya

Lurah Argasoka, Fajar Maskuri menyampaikan, warga yang memproduksi tempe di wilayah kerjanya ini sudah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu.

Menurut informasi, kegiatan tersebut dilakukan secara turun menurun, bahkan ada yang sudah sampai tiga generasi. "Di pasaran, produk dari sini, dikenal dengan nama Tempe Wanasari," ungkapnya.

Dia juga menyampaikan, diresmikan sentra industri tempe ini akan mempermudah dalam mengorganisir para pelaku industri tempe serta mengoptimalkan pembinaan terpadu.

Sentra Idustri Tempe Wanasari Banjarnegara 3

Menurutnya, pembinaan sangat diperlukan baik dari pemerintah maupun dari para akademisi agar industri tempe bisa dikelola dengan baik. Oleh karena itu pada persemian tersebut pihaknya turut mengundang tiga universitas dari Politeknik, UMP dan UNSOED.

"Tujuan sentra industri tempe ini, juga untuk membangun agroeduwisata di wilayah Argasoka. Utamanya untuk menumbuhkan minat masyarakat akan tempe sebagai makanan yang sehat," imbuh Fajar Maskuri, Lurah Argasoka, Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES