Peristiwa Daerah

Pekan Metrologi Legal, Pemkot Mojokerto Upayakan Tertib Ukur

Senin, 25 Oktober 2021 - 20:31 | 33.03k
Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari dalam agenda Pekan Metrologi Legal di Kota Mojokerto. Senin (25/10/2021). (FOTO: Dok. Kominfo Kota Mojokerto for TIMES Indonesia)
Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari dalam agenda Pekan Metrologi Legal di Kota Mojokerto. Senin (25/10/2021). (FOTO: Dok. Kominfo Kota Mojokerto for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTOPemkot Mojokerto berupaya serius mewujudkan Kota Mojokerto sebagai Kota Tertib Ukur. Terbukti, selain menggiatkan kegiatan pelatihan Juru timbang dan Reparatir, juga digencarkan sosialisasi terkait kemetrologian.

Hal itu disampaikan Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari saat membuka Pekan Metrologi Legal Tahun 2021 di Pendopo Graha Krida Tama, Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto, Senin (25/10).

Agenda ini diikuti oleh 426 Kepala Kantor UML seluruh Indonesia secara daring dan 120 peserta luring yang merupakan pengelola pasar dan pelaku usaha, seperti pom bensin, jual-beli emas, dan jasa ekspedisi di Kota Mojokerto.

Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto mengatakan sudah menyiapkan lahan untuk UPTD Metrologi di Jalan Raya Bypass Mojokerto. Kantor ini nantinya bisa melayani pengujian berbagai alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) dari daerah lain.

Wali Kota Mojokerto 2Pengesahan Pekan Metrologi Legal di Kota Mojokerto selama 7 hari mendatang dengan simbolis. Senin (25/10/2021). (FOTO: Dok. Kominfo Kota Mojokerto for TIMES Indonesia)

"Ini menjadi peluang kita untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari bidang metrologi," ujarnya.

Ia juga memberi apresiasi kegiatan ini, karena selain sebagai transfer knowledge bagi masyarakat agar melek metrologi, juga untuk mewujudkan Kota Mojokerto sebagai Kota Jasa dan Perdagangan yang mengedepankan kejujuran dalam bertransaksi antara penjual dan pembeli.

"Kita memiliki 6 pasar tradisional dengan sarpras yang mumpuni. Namun itu tidak akan ada artinya jika tidak disertai kejujuran dalam proses transaksi jual belinya," jelasnya.

Untuk itu, lanjut Ning Ita, melalui kegiatan tera ulang nantinya membuat masyarakat merasa menjadi lebih tenang dan yakin membeli produk yang dijual oleh pedagang di Kota Mojokerto karena kejelasan dalam hal takaran.

"Dan pedagang yang sudah ditera ulang pun cukup senang sebagai pemilik timbangan takaran dan perlengkapannya karena merasa tertib untuk menerakan setiap tahun sesuai undang-undang no 2 tahun 1981 tentang metrologi legal," tuturnya.

Direktur Metrologi Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Rusmin Amin mengapresiasi upaya serius Pemkot Mojokerto dalam mewujudkan Kota Tertib Ukur dengan melaksanakan pelayanan tera dan tera ulang serta pengawasan kemetrologian.

"Terwujudnya Daerah Tertib Ukur ini tidak hanya memberikan perlindungan kepada masyarakat, tetapi juga menciptakan iklim usaha yang sehat dan kondusif serta memperkuat perdagangan dalam negeri," tegasnya.

Senada juga dikatakan Kepala Balai Standarisasi Metrologi Legal (BSML) Regional II Jogjakarta, Matheus Hendro Purnomo. Ia mengatakan pelayanan dan pengawasan kemetrologian tera serta tera ulang di Kota Mojokerto sedikit terhambat lantaran belum adanya posisi tenaga fungsional penera.

"Kami mencoba fasilitasi agar tugas dan fungsi kemetrologian di Kota Mojokerto tetap jalan. Diantaranya dengan memberikan pelatihan juru timbang dan reparatir serta sosialisasi kemetrologian kepada masyarakat dan melakukan tera serta tera ulang kepada pedagang emas dan distributor atau agensi pengiriman barang," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Metrologi, Rusmin Amin dan Kepala Balai Standarisasi Metrologi Legal (BSML) Regional II Jogjakarta, Matheus Hendro Purnomo.

Sekedar informasi, Pekan Metrologi Legal tahun 2021 Kota Mojokerto digelar Pemkot Mojokerto selama sepekan. Dimulai dengan pelatihan juru timbang dan reparatir tanggal 18 hingga 27 Oktober 2021, Sosialisasi Kemetrologian tanggal 25 Oktober 2021 (dibagi 2 sesi untuk 100 orang) dan Pelaksanaan Tera serta Tera Ulang tanggal 28 hingga 29 Oktober 2021. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES