Pemerintahan

Hati-hati, Ada Ormas yang Mengaku Sebagai Dewas KPK RI

Senin, 25 Oktober 2021 - 20:25 | 34.69k
Gedung kantor KPK RI di Jakarta. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)
Gedung kantor KPK RI di Jakarta. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Juru Bicara KPK RI Ali Fikri meminta masyarakat hati-hati. Pasalnya kata dia, pihaknya baru saja mendapatkan informasi adanya organisasi masyarakat (ormas) yang mengatasnamakan Dewan Pengawas KPK RI (Dewas KPK RI).

Ali Fikri menegaskan, organisasi ini bukan merupakan bagian dari lembaga negara KPK RI maupun Dewan Pengawas KPK RI

"KPK juga tidak pernah melakukan kerja sama dengan pihak-pihak dimaksud," kata Ali Fikri kepada awak media, Senin (25/10/2021). Ia pun menjelaskan, ormas tersebut memakai nama Dewas KPK RI dan memiliki seragam dengan logo menyerupai KPK RI.

Gedung-kantor-KPK-RI-di-Jakarta-2.jpg

Tak hanya itu, alamat ormas itu juga tercantum alamat yang sama dengan Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK RI, di Jalan HR Rasuna Said, Kavling C1, Jakarta Selatan.

KPK RI pun mengecam perbuatan pihak yang tidak bertanggung jawab itu. "KPK mengecam perbuatan para pihak yang telah menggunakan logo menyerupai KPK dan menggunakan alamat KPK sebagai identitas ormas secara tidak bertanggung jawab," jelasnya.

KPK RI juga meminta para pihak itu untuk segera menghentikan aksinya, yang diduga dapat mengarah kepada perbuatan-perbuatan penipuan maupun pemerasan.

"Modus penipuan dan pemerasan dengan mengaku dan menggunakan atribut KPK marak terjadi di berbagai daerah serta telah memakan banyak korban," katanya.

"Apabila masyarakat menemui atau mengetahui adanya pihak yang mengaku pegawai KPK RI dan melakukan tindakan kriminal pemerasan dan sejenisnya, segera laporkan ke call center 198 atau kepada aparat penegak hukum setempat," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES