Pendidikan

Hari Dokter Nasional, FK Unusa Beri Penyuluhan di Ponpes KHA Wahid Hasyim Bangil

Senin, 25 Oktober 2021 - 19:34 | 56.91k
Kegiatan pengabdian masyarakat FK Unusa di Ponpes KHA Wahid Hasyim Bangil, Minggu (25/10/2021). (Foto: FK Unusa)
Kegiatan pengabdian masyarakat FK Unusa di Ponpes KHA Wahid Hasyim Bangil, Minggu (25/10/2021). (Foto: FK Unusa)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Dalam rangka memperingati Hari Dokter Nasional dan Hari Santri Nasional, Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (FK Unusa) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Pondok Pesantren KHA Wahid Hasyim Bangil, Minggu (24/10/2021).

Ketua Pengabdian Masyarakat FK Unusa, dr.Hotimah Masdan Salim.,PhD mengatakan bahwa tema Pengabdian Masyarakat tersebut adalah Pemberdayaan Pondok Pesantren dalam meningkatan kesehatan di Masa Pandemi pada Ponpes KHA. Wahid Hasyim Bangil.

Hari Dokter Nasional FK Unusa 2

Dosen di Departemen Biokimia dan Biomolekuler Unusa yang akrab disapa dr. Ima tersebut juga berkolaborasi dengan beberapa dokter yaitu Dr.dr.Winawati Sp.KK dan dr. Evi Silvia Awwaliya,Sp.PD. Tak hanya itu, pihaknya juga melibatkan 7 mahasiswa Unusa.

"Adapun kegiatan yang kami berikan adalah pertama, penyuluhuan terkait dengan agne, karena ini adalah Ponpes khusus perempuan sehingga pengetahuan terkait agne pada masa remaja perlu disampaikan," ujar dr Ima, Senin (25/10/2021).

Kedua adalah memberikan penyuluhan terkait dengan metabolik sindrom pada remaja. Hal tersebut dilakukan mengingat angka obesitas pada remaja semakin tinggi, apalagi pada masa pandemi yang aktifitasnya sangat terbatas.

Hari Dokter Nasional FK Unusa 3

"Kita juga memberika pelatihan pada santri terkait P3K dan Basic Life Support, hal ini di harapkan para santriwati di PP Wahid Hasyim dapat membantu orang di sekitar dengan pelatihan yang telah kami berikan," tutur Ketua Bidang Kerjasama FK Unusa tersebut.

Selain penyuluhan, dalam Pengabdian Masyarakat tersebut, FK Unusa juga melaksabakan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada guru, Ustad, Ustadzah dan Santriwati di Pondok Pesantren KHA Wahid Hasyim Bangil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES