Peristiwa Daerah

Sekjen TPO Asia Pasifik Kim Soo Il Puji Kemolekan Wisata Kota Pariaman

Senin, 25 Oktober 2021 - 18:13 | 32.36k
Kadisparbud Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono bersama Sekjen Tourism Promotion Organization (TPO) Asian Pacific, Kim Soo Il di Pantai Angso Duo. (FOTO: Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)
Kadisparbud Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono bersama Sekjen Tourism Promotion Organization (TPO) Asian Pacific, Kim Soo Il di Pantai Angso Duo. (FOTO: Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PARIAMAN – Sekretaris Jenderal Tourism Promotion Organization (TPO) Asian Pacific, Kim Soo Il terperangah dengan kemolekan destinasi wisata Kota Pariaman, Sumatera Barat. Mantan duta besar Korea Selatan untuk Malaysia ini, memuji setiap panorama yang disuguhkan alam Kota Pariaman.

Dari pengalaman selama tiga hari berpetualang di wista-wisata Kota Pariaman, Kim Soo Il mengaku sangat puas. Baik dari perlakuan Pemerintah Kota Pariaman dalam menyambut wisatawan, maupun kearifan lokal pribumi setempat.

"Kota Pariaman adalah surga di Asia yang masih tersembunyi. Keindahan alam di kota ini perlu diketahui oleh dunia," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono menerjemahkan ungkapan Kim Soo Il, Senin (25/10/2021).

Disparbud Kota Pariaman 2

Selama menjajal destinasi di Kota Pariaman, Kim Soo Il diajak berkeliling menggunakan perahu nelayan setempat. Menurutnya, trip pariwisata di Kota Pariaman ini sungguh menarik. Selama perjalanan di atas air, wisatawan disuguhkan oleh pemandangan biota laut yang kasat mata dari atas perahu.

Selama perjalanan ini, ada spot lokasi air yang wajib dicoba. Wisatawan bisa berhenti sejenak untuk melakukan snorkelling. Terumbu karang dan kelompok ikan warna warni berenang dengan bebas di area snorkelling ini.

Adapun wisata-wisata unggulan yang bisa dikunjungi dalam sekali trip ini yakni; Pulau Angso Duo, Pantai Gandoriah, Pantai Kata, Pantai Talao Pauh dan Desa Wisata Apar.

Selain destinasi unggulan tersebut, Kota Pariaman masih memiliki destinasi lainnya yang tak kalah menarik keindahan alamnya. Seperti, Pantai Belibis, Pulau Kasiak, Pulau Tangah dan Pantai Cermin. Sedangkan wisata lainnya, seperti Kampung Kandang dan Tungkal Selatan bisa ditempuh melalui jalur darat.

"Perjalanan dari pantai ke pantai atau pulau ke pulau bisa menaiki perahu nelayan. Karena di Kota Pariaman ini, setiap wilayah lautnya adalah destinasi wisata. Ada karakteristik biota laut di masing-masing spot-nya," katanya.

Disparbud Kota Pariaman 3

Dari pengalaman singkat berwisata di Kota Pariaman ini, Kim Soo Il dengan bangga akan mempromosikan Kota Pariaman ke wisatawan mancanegara. Selain indah, wisata Kota Pariaman juga terkenal bersih dari sampah.

Selain itu, banyak kuliner khas yang bisa memanjakan lidah wisatawan dan hanya bisa ditemui kota ini. Di setiap destinasi yang ada, juga ada tim lifeguard yang memandu wisatawan agar tidak memasuki area rawan yang sudah ditentukan.

"Sudah ada lifeguard di sini. Sehingga wisatawan tidak perlu lagi khawatir. Makanannya juga enak ditambah lagi bisa belajar kebudayaan Provinsi Sumatera Barat disini," katanya.

Marhen menambahkan, Pemerintah Kota Pariaman telah melakukan sejumlah persiapan sejak dini untuk menyambut gelombang wisatawan pada momen liburan akhir tahun mendatang.

Selain mengutamakan faktor pencegahan penularan wabah Covid-19, Dinas Pariwisata setempat juga telah melakukan mitigasi kebencanaan. Yakni dengan mengadakan pelatihan lifeguard terhadap puluhan pemuda di sekitar destinasi wisata.

"Untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, kami telah menjalankan inovasi dan persiapan di sektor pariwisata. Memperhatikan aspek keselamatan, kesehatan, kebersihan dan kesiapan dari setiap destinasi untuk menerima kunjungan wisatawan pada liburan Natal dan tahun baru nanti," cetus Kadisparbud Kota Pariaman tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES