Peristiwa Daerah

Desa Rejowinangun Blitar Gelar Workshop Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam

Senin, 25 Oktober 2021 - 17:43 | 55.04k
Desa Rejowinangun Kecamatan Kademangan menggelar Workshop Pelatihan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam, Sabtu,(23 /10/2021). (Foto: Desa Rejowinangun)
Desa Rejowinangun Kecamatan Kademangan menggelar Workshop Pelatihan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam, Sabtu,(23 /10/2021). (Foto: Desa Rejowinangun)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Desa Rejowinangun Kabupaten Blitar menggelar workshop aplikasi Koperasi Simpan Pinjam, menghadirkan Anggota, Pengurus dan Pengawas Koperasi Wanita Mawar Rejowinangun Kader TIK / KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Desa Rejowinangun sebagai peserta. 

Desa Rejowinangun berhasil memperoleh Hibah Desa Berinovasi dari BRIN yang bekerjasama dengan Koperasi Wanita Mawar Rejowinangun, dengan Judul “Pengembangan Desa UMKM Rejowinangun Gemati Melalui Inovasi Kekayaan Lokal berbasis Digital”.

"Desa Rejowinangun merupakan Desa satu-satunya yang mendapatkan Hibah Desa Berinovasi Tahun 2021 di Kabupaten Blitar," kata Kepala Desa Rejowinangun Bhagas Wigasto.

Menurut Bhagas, bahwa sinergitas antara masyarakat dan pemerintah desa tidak hanya melalui kegiatan keseharian, untuk mewujudkan Desa yang akan kaya inovasi maka harus dibentuk ekosistem kebangkitan ekonomi masyarakat melalui kekayaan lokal.

"Di rejowinangun ini banyak akan UMKM mandiri, sehingga dalam Program Desa Berinovasi yang diselenggarakan oleh BRIN, UMKM di Rejowinangun berkolaborasi dengan Koperasi Wanita Mawar untuk bisa membangkitkan kembali proyeksi nilai penjualan produk UMKM," jelasnya.

Dosen Sains Data Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jawa Timur, Sugiarto menambahkan  bahwa inovasi kekayaan lokal ini harus didukung Teknologi Informasi untuk bisa menjadikan Desa ini menjadi lebih Inovasi dan Mandiri. 

Ada 2 Dosen lagi dari Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jawa Timur diantaranya Chrystia Aji Putra, dan Hendra Maulana dari Informatika yang turut membantu mendapingi Koperasi dan Kader Tim IT dari Desa Rejowinangun untuk melaksanakan kegiatan Desa Berinovasi dari Kementerian BRIN. 

Pada pelatihan di Rejowinangun Kabupaten Blitar ini, menurut Ketua Koperasi Wanita Mawar Siti Umi Hanik bahwa kegiatan Desa Berinovasi ini sangat banyak kegiatan salah satunya pelatihan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam ini akan membantu Pengurus dan Anggota lebih mudah dalam menjalankan Koperasi ini nantinya ke depan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES