Pendidikan

Dua Alumni Pesantren Tahfidz Agrowisata Ciamis Dapat Beasiswa ke Turki

Senin, 25 Oktober 2021 - 17:31 | 59.17k
Universitas Sivas Cumhuriyet Turki (foto: cumhuriyet.edu.tr)
Universitas Sivas Cumhuriyet Turki (foto: cumhuriyet.edu.tr)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Dua alumni pesantren di Ciamis mendapatkan beasiswa bergengsi dari pemerintah Turki. Mereka berasal dari Pesantren Tahfidz Agrowisata, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dua alumni tersebut bernama Reza Pahlevi dan M. Auludin. Beasiswa bergengsi dari Turki tersebut disebut dengan beasiswa YTB (Yurtdışı Türkler ve Akraba) atau Türkiye Bursları.

Pesantren Tahfidz Agrowisata 3Reza Pahlevi, salah satu alumni Ponpes Tahfidz Agrowisata Ciamis yang mendapatkan beasiswa S1 di Turki (foto: Dok. Achmad Junmiadi)

"Mereka nantinya melanjutkan jenjang pendidikan S1. Tepatnya, di fakultas İlahiyat Universitas Sivas Cumhuriyet Turki. Bahkan, saat ini, mereka sudah berada di Kota Sivas, Turki," jelas Achmad Junmiadi, Direktur Pesantren Tahfidz Qur'an Agrowisata Shaleha, Senin (25/10/2021).

Beasiswa YTB tersebut memang termasuk beasiswa yang populer dan banyak diminati oleh para pelajar di Indonesia. Beasiswa tersebut juga menanggung seluruh biaya, mulai dari pemberangkatan hingga selesai menempuh jenjang pendidikan tersebut.

Bahkan, di tahun 2021 ini juga tercatat ada puluhan ribu pendaftar beasiswa YTB di Indonesia. Namun, hanya sekitar 50 orang saja yang berhasil mendapatkannya.

Pesantren Tahfidz Agrowisata 2Ponpes Tahfidz Agrowisata Ciamis (Dok: Achmad Junmiadi)

"Dua alumni kami tersebut memang berprestasi. Mereka memiliki hafalan Al-Qur'an 30 juz. Bahkan, mereka juga mempunyai sisi kepemimpinan islami," terangnya.

Tentunya, dua alumni yang mendapatkan beasiswa ke Turki tersebut diharapkan dapat memotivasi para santri lainnya. Khususnya, dalam menghafal Al-Qur'an hingga dapat bersaing di tingkat internasional (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES