Peristiwa

Perkuat MBKM, UB Dorong Kerja Sama Pembangunan Hingga Level Pedesaan

Senin, 25 Oktober 2021 - 16:31 | 49.61k
(dari kiri) anggota tim Muhaimin Zulhair, Firstyarinda Valentina Indraswari, Kepala Desa Jabang Pandu Pradana Putra, Ketua Tim Primadiana Yunita, anggota tim Wishnu Mahendra Wiswayana. (Foto: Dok. UB for TIMES Indonesia)
(dari kiri) anggota tim Muhaimin Zulhair, Firstyarinda Valentina Indraswari, Kepala Desa Jabang Pandu Pradana Putra, Ketua Tim Primadiana Yunita, anggota tim Wishnu Mahendra Wiswayana. (Foto: Dok. UB for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dosen Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) mendorong adanya kerja sama lintas sektor yang dapat dijalin hingga level pedesaan. Hal tersebut untuk mendukung percepatan pembangunan dan suksesi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Salah satu langkah konkretnya adalah kerja sama antara UB dengan Desa Jabang, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri. Diketahui, sejak Sabtu, 23 Oktober 2021, tim dosen dari HI Universitas Brawijaya melakukan kunjungan ke Desa Jabang, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri hingga saat ini.

Anggota tim hingga Selasa 26 Oktober 2021 besok masih akan berada di Desa Jabang untuk melakukan pemetaan program dan kebutuhan administrasi yang diperlukan dalam kerja sama.

Ketua Tim, Primadiana Yunita, S.IP., MA mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari kesepakatan informal dengan kepala desa setempat yang berkeinginan untuk menjalin hubungan kerja sama dengan HI FISIP Universitas Brawijaya.

Prima mengatakan bahwa Desa Jabang memiliki potensi dan tantangan pembangunan yang beragam di masa mendatang. Kerja sama ini ingin segera direalisasikan untuk pengembangan aktivitas kampus yang menyasar pada pembangunan daerah.

Kedepan, Prima menambahkan terdapat beberapa instrumen kerja sama seperti pengabdian masyarakat, penelitian, kuliah kerja nyata hingga aktivitas mahasiswa berbasis program sosial kemasyarakatan.

Kerja sama antara Desa Jabang dengan HI FISIP Universitas Brawijaya ini dapat mendukung agenda Dosen Berkarya di Universitas Brawijaya dan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam melangsungkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

MBKM sendiri membangun bentuk pembelajaran yang fleksibel dan tidak mengekang bagi mahasiswa. Beberapa bentuk pembelajarannya seperti proyek kemanusiaan, proyek independen hingga membangun desa dapat disinergikan dengan aktualisasi dunia kampus dan agenda pembangunan desa di sekitar kampus tersebut.

Senada dengan hal di atas, Kepala Desa Jabang Pandu Pradana Putra, S.IP., menyampaikan bahwa rencana kerja sama dengan kampus ini merupakan hal yang baru untuk Desa Jabang.

Harapannya melalui agenda kerja sama dengan UB tersebut dapat membawa kemajuan bagi masyarakat Desa Jabang. Tahun depan, tambah Pandu, terdapat beberapa agenda pembangunan yang ingin dikejar setelah beberapa waktu belakangan alokasi energi pemerintah desa dikerahkan untuk penanganan Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES