Pemerintahan

Pameran Virtual Inovasi dan Teknologi Infrastruktur: Wujud Komitmen Kementerian PUPR dalam Membangun Negeri

Senin, 25 Oktober 2021 - 15:58 | 51.25k
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) menggelar Pameran Virtual Inovasi dan Teknologi Infrastruktur,.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) menggelar Pameran Virtual Inovasi dan Teknologi Infrastruktur,.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) menggelar Pameran Virtual Inovasi dan Teknologi Infrastruktur, yang akan dimulai pada tanggal 18 Oktober 2021 sampai dengan 7 November 2021. Kegiatan pameran virtual kali ini merupakan salah satu upaya untuk menyebarluaskan informasi hasil inovasi karya anak bangsa serta wujud konsistensi dan komitmen Kementerian PUPR dalam membangun negeri, khususnya dalam pembangunan infrastruktur berkelanjutan dengan implementasi program berbasis inovasi teknologi.  

Sesuai dengan temanya, hadirnya pameran virtual ini akan menampilkan inovasi teknologi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, salah satunya adalah penerapan Teknologi mortar busa yang digunakan untuk pembangunan flyover dengan cara mengoptimalisasi penggunaan busa foam dengan mortar (pasir,semen dan air) yang berkekuatan tinggi, sehingga dapat mengatasi masalah stabilitas timbunan serta dapat menghemat anggaran belanja konstruksi. Inovasi lainnya adalah penggunaan Teknologi Building Information Modelling (BIM) dengan cara menampilkan representasi digital dari karakter fisik dan karakter fungsional suatu bangunan, teknologi ini berfungsi untuk meminimalisir kesalahan sehingga dapat meningkatkan efisiensi waktu dan biaya. 

PUPR.jpg

Pameran Virtual Inovasi dan Teknologi Infrastruktur menghadirkan 9 virtual booth yang merepresentasikan masing-masing direktorat jenderal (ditjen) yang ada di Kementerian PUPR. Virtual booth tersebut terdiri dari; Sumber Daya Air, Jalan dan Jembatan, Dukungan Kawasan Permukiman, Perumahan, Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Pembinaan Jasa Konstruksi, Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Manajemen.

Kementerian PUPR. Pada masing-masing virtual booth ini dilengkapi dengan video player (pemutar video) serta papan informasi yang menunjukkan pencapaian serta kinerja dari masing- masing ditjen. Pameran Virtual Inovasi dan Teknologi Infrastruktur dapat diakses melalui link: https://digitalexpo.pu.go.id/

Para pengunjung pameran virtual ini berkesempatan memenangkan hadiah berupa 3 unit smartphone dan sertifikat. Hadiah ini akan diberikan khusus untuk pengunjung yang telah memenuhi persyaratan. Ketahui syarat dan ketentuannya di sini. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES