Peristiwa Internasional

Foto Ayah dan Anak Ini Menangkan Photo of The Year Siena International Awards 2021

Minggu, 24 Oktober 2021 - 21:58 | 91.38k
Foto berjudul Hardship of Life karya fotografer Turki, Mehmet Aslan, memenangkan Photo of The Year dalam Siena International Photo Awards 2021. (FOTO: petapixel.com)
Foto berjudul Hardship of Life karya fotografer Turki, Mehmet Aslan, memenangkan Photo of The Year dalam Siena International Photo Awards 2021. (FOTO: petapixel.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah foto seorang ayah dengan satu kaki bersama anaknya yang kehilangan anggota tubuh bagian bawah, memenangkan Photo of the Year dalam ajang Siena International Photo Awards (SIPA) 2021. Foto tersebut merupakan hasil bidikan fotografer Turki, Mehmet Aslan. Lokasi pengambilan gambar berada di distrik Reyhanli provinsi Hatay, Turki, yang berbatasan dengan Suriah.

Foto karya Mehmet Aslan itu diberi judul Hardship of Life (Kesulitan Hidup). Sebuah foto yang memperlihatkan Munzir, sang ayah yang sedang mengayunkan Mustafa, anaknya yang masih kecil. Munzir kehilangan kaki kanannya saat terjadi serangan bom di Idlib. 

Dalam foto itu, Mustafa nampak tersenyum lebar. Mustafa kehilangan anggota tubuh bagian bawah. Hal itu terjadi karena kelainan bawaan yang disebabkan oleh obat-obatan yang diminum ibunya, Zeynep, oleh karena serangan gas yang terjadi di Suriah.

Disebutkan dalam keterangan di bawah foto pemenang “Mustafa membutuhkan prostesis elektronik khusus di masa depan yang, sayangnya, belum tersedia di Turki”.

“Emosi yang terbangun antara ayah dan anak, meskipun kehilangan kakinya. Ini harga yang mahal dari sebuah perang,” kata Kataoka Hideko, Director of Photography, seperti dilansir petapixel.com.

“Hati saya, sesaat menyelamatkan momen cinta yang menyenangkan, dibayangi oleh kehidupan panjang dan keras yang mereka hadapi di depan, biaya besar yang ditinggalkan oleh perang,” ujarnya, dilansir The New Arab, Sabtu (23/10/2021).

Keberhasilan Mehmet Aslan memenangkan penghargaan dalam dunia fotografi bukan kali pertama. Pada 2016, ia menerima  gelar AFIAP (The International Federation of Photographic Art (FIAP). Ia juga telah banyak menerima penghargaan lain di bidang yang ditekuninya sejak 2006 lalu. 

Siena International Photo Awards (SIPA) sendiri merupakan ajang kontes foto bergengsi. Ribuan karya fotografi berbagai negara mengikuti ajang tersebut, termasuk karya fotografer Turki yang memenangkan Photo of The Year(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES