Peristiwa Daerah

Unjuk Kreativitas, Perhimpunan Penggemar Bonsai Ciamis Gelar Pameran Nasional

Minggu, 24 Oktober 2021 - 18:47 | 59.87k
Salah satu bonsai dalam Pameran Bonsai Galuh Festival 2021 (foto: Humas Kabupaten Ciamis) Pameran Bonsai Galuh Festival 2021 (foto: Humas Kabupaten Ciamis) Sekda Ciamis, Tatang dalam Pameran Bonsai Galuh Festival 2021 (foto: Humas Kabupaten Ciamis)
Salah satu bonsai dalam Pameran Bonsai Galuh Festival 2021 (foto: Humas Kabupaten Ciamis) Pameran Bonsai Galuh Festival 2021 (foto: Humas Kabupaten Ciamis) Sekda Ciamis, Tatang dalam Pameran Bonsai Galuh Festival 2021 (foto: Humas Kabupaten Ciamis)

TIMESINDONESIA, CIAMISPerhimpunan Penggemar Bonsai (PBB) Ciamis unjuk kreativitas dengan gelar Pameran Nasional Bonsai Galuh Festival 2021. Kali ini, lokasinya berada di Taman Lokasana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut juga mengusung tema "Pameran Dan Kontes Bonsai Nasional, Ciamis Bertabur Bintang". Bahkan, dalam kegiatan tersebut juga hadir Sekda Ciamis, Tatang.

"Kegiatan pameran dan kontes bonsai di Ciamis ini diharapkan dapat menunjang program bidang pariwisata, seni, budaya, lingkungan hidup serta ekonomi. Sehingga, bonsai akan menjadi daya tarik bagi para penghobi dari berbagai penjuru negeri untuk berkunjung ke Kabupaten Ciamis," kata Sekda Ciamis, Minggu (24/10/2021).

Saat ini, bonsai merupakan karya yang digemari dan menjanjikan. Sebab, para pecinta bonsai memiliki nilai estetika dan cita rasa seni yang tinggi.

Bahkan, bonsai juga sangat menjanjikan bagi para pengrajinnya. Pasalnya, bonsai mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Sehingga, dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

"Semoga, para pengrajin bonsai Ciamis dapat menghasilkan karya-karya tanaman bonsai yang bernilai tinggi. Serta, dapat juga memberikan manfaat kepada masyarakat," tuturnya.

Kemudian, Ketua Panitia Penyelenggara, Andang Irfan Sahara menyatakan, kegiatan pameran nasional tersebut dilakukan hingga tanggal 30 Oktober 2021.

Andang menjelaskan, jumlah pohon yang masuk ke pameran tersebut sebanyak 645 pohon. Itu terdiri pada beberapa kelas, diantaranya kelas bintang, kelas utama, kelas regional hingga kelas prosfek. Semuanya  berasal dari beberapa wilayah di Indonesia.

"Bonsai ini bukan sekedar hobi, tetapi di bonsai ini ada nilai ekonomi yang cukup menjanjikan," ucap Andang.

Andang juga berharap Ciamis dapat mempunyai sentra bonsai. Sehingga, kedepannya, di Ciamis bisa menjadi Kabupaten Bonsai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES