Peristiwa Daerah

Suhu Udara Surabaya Sangat Panas, Ada Apa ?

Minggu, 24 Oktober 2021 - 12:25 | 265.67k
Ilustrasi - Suhu Udara Panas. (FOTO: Istockphoto.com)
Ilustrasi - Suhu Udara Panas. (FOTO: Istockphoto.com)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Akhir-akhir ini suhu udara di Surabaya begitu panas sekali. Apalagi ketika kita berada di luar ruangan, kulit rasanya seperti terbakar.

Berdasarkan postingan Instagram BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), suhu harian per tanggal 22 hingga 23 Oktober 2021, Stasiun Meteorologi Perak I mencatat suhu udara mencapai 37,9 derajat Celsius, Stasiun Maritim Tanjung Perak mencatat  suhu udara mencapai 37,5 derajat Celsius dan Stasiun Juanda mencatat suhu udara mencapai 34,9 derajat Celsius.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi ? Dari keterangan resminya, BMKG Juanda menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi karena posisi matahari saat ini masih berada di sekitar equator sehingga wilayah Jawa Timur dan sekitarnya masih mendapat surplus penyinaran matahari yang cukup intens.

Selain itu karena masih sedikitnya tutupan awan, sehingga pada siang hari suhu udara dirasakan sangat terik dan panas.

Suhu udara yang dirasakan tinggi pada siang hari akan berkurang seiring bergeraknya posisi matahari ke belahan bumi selatan dan pada bulan November wilayah Surabaya dan sekitarnya sudah memasuki Awal musim penghujan.

Buka hanya di Surabaya, suhu udara panas memang tejadi di sejumlah daerah di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES