Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Video Suporter Liga Jerman Membentuk Formasi Tulisan Rasulullah

Minggu, 24 Oktober 2021 - 16:20 | 86.17k
Video suporter yang diklaim adalah suporter Liga Jerman yang membentuk formasi tulisan Rasulullah.
Video suporter yang diklaim adalah suporter Liga Jerman yang membentuk formasi tulisan Rasulullah.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video yang memperlihatkan suporter berbaju kuning di stadion sepakbola. Disebutkan dalam narasi yang menyertai video, suporter Liga Jerman itu membentuk formasi tulisan ya habibi Ya Rasulullah untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Video tersebut beredar di media sosial Facebook, salah satunya dibagikan akun FB: Noormarkoen pada 19 Oktober 2021. 

Berikut ini narasi yang diunggah akun Noormarkoen:

Suporter sepak bola Liga Jerman sekaligus memperingati Maulid Nabi membentuk Formasi Ya Habibi Ya Rosulallah , Subhanallah

cek-fakta-suporter-Membentuk-Formasi-Tulisan-Rasulullah-5.jpgSumber: Facebook (https://www.facebook.com/noormarkoen.noormarkoen/posts/1066473730763421)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia,  klaim bahwa suporter liga Jerman membentuk formasi tulisan ya habibi Ya Rasulallah, merupakan informasi yang keliru. Kami menemukan, video tersebut tidak dilakukan oleh suporter sepakbola liga Jerman.

Dengan menggunakan mesin pencari, kami menemukan bahwa aksi dalam video tersebut dilakukan oleh suporter Al-Ittihad, klub sepakbola Arab Saudi yang bermarkas di Jeddah. Dalam aksinya di stadion, mereka meneriakkan pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Mereka, suporter Al-Ittihad menyanyikan lagu terkenal ‘Tala Al Badru’ Alayna’.

Selain itu para suporter juga melakukan koreografi membentuk tulisan حبيبي يا رسول الله yang berarti ‘Oh Rasulullah, kekasihku’ dengan warna kuning dan hitam.

cek fakta suporter Membentuk Formasi Tulisan RasulullahSumber: Thousands of Football Fans Chant Praises to the Prophet Muhammad ﷺ | ilmfeed.com

Mengutip Liputan6.com, fans Al-Ittihad melakukan aksi tersebut di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, 20 Februari 2015 lalu. Saat itu Al Ittihad tengah menghadapi Al Shoalah pada laga lanjutan Liga Arab Saudi. Pada laga tersebut, Al Ittihad menang dengan skor 3-2.

cek fakta suporter Membentuk Formasi Tulisan Rasulullah 2Sumber: [Cek Fakta] Suporter Klub Sepak Bola Jerman Borussia Dortmund Lantunkan Selawat? | Liputan6

Mengenai sumber video tersebut, kami menemukan video tentang peristiwa serupa yang ditayangkan di channel YouTube www.Tarbia.TV pada 25 Januari 2016. Video berdurasi 1 menit 14 detik yang diberi judul Thousands of Football Fans Chant Praises to the Prophet Muhammad (Sumber: Thousands of Football Fans Chant Praises to the Prophet Muhammad  | YouTube). Ada video yang identik dengan ini (Aerial photography of Tivo Al-Ittihad, my love, oh Messenger of God | YouTube)

Pemeriksaan atas klaim serupa juga dilakukan oleh Tempo.co (https://cekfakta.tempo.co/fakta/399/fakta-atau-hoaks-benarkah-penonton-liga-jerman-membuat-konfigurasi-tulisan-rasulullah-di-tribun-stadion.html) dan Turnbackhoax.id (https://turnbackhoax.id/2021/10/21/salah-supporter-sepakbola-liga-jerman-membentuk-formasi-tulisan-rasulullah-untuk-memperingati-maulid-nabi-muhammad/).

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim aksi suporter Liga Jerman membentuk formasi tulisan ya habibi Ya Rasulallah, keliru. Video tersebut dilakukan oleh supporter Al-Ittihad, klub sepak bola Arab Saudi, bukan dari liga Jerman.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES