Pemerintahan

Mensos RI Tri Risma Akan Bantu Pemkot Blitar Tata Makam Bung Karno

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 21:33 | 44.98k
Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan keterangan usai ziarah ke Makam Bung Karno di Kota Blitar dalam rangka menjelang hari pahlawan, Sabtu (23/10/2021). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan keterangan usai ziarah ke Makam Bung Karno di Kota Blitar dalam rangka menjelang hari pahlawan, Sabtu (23/10/2021). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Foto B: Menteri Sosial Tri Rismaharini saat ziarah ke Makam Bung Karno di Kota Blitar dalam rangka menjelang hari pahlawan, Sabtu (23/10/2021). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia) 

Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini mengatakan akan membantu Pemerintah Kota Blitar untuk menata dan memperbaiki Makam Bung Karno. Mensos RI Tri Risma menyebut Makam Bung Karno belum pernah mendapat penataan kembali sejak tahun 1979.

Hal itu ia sampaikan usai ziarah ke Makam Bung Karno di Kota Blitar dalam rangka menjelang hari pahlawan, Sabtu (23/10/2021). Risma ziarah ke Makam Bung Karno didampingi Wali kota Blitar Santoso dan beberapa pejabat pemkot Blitar. 

"Hanya maintenance dan perbaikan-perbaikan karena sudah lama gak di maintenance," ujar Risma.

Risma mengatakan, Kebetulan memang Kemensos juga menangani kepahlawanan. Menurutnya, kemensos juga memiliki kewajiban memantau makam pahlawan yang ada di luar Jakarta. Selain dibersihkan dan diperbaiki, menurut Risma, perlu tambahan pencahayaan dan penambahan taman di Makam Bung Karno. 

Tri Rismaharini b

"Sekarang ini sudah bagus, cuma kita tambahkan lighting dan penambahan taman. Sudah saya koordinasikan dengan pak wali. kita akan bantu juga untuk operasional agar tidak terlalu berat," jelasnya.

Wanita yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya itu juga telah mengunjungi makam pahlawan di nusantara. Tidak hanya ke Makam Bung Karno, Risma mengaku baru saja mengunjungi Makam Bung Hatta di Tanah Kusir dan Makam Cut Nyak Dien di Sumedang Jawa Barat.

"Kemarin saya juga membersihkan makam Bung Hatta di Tanah Kusir. Sekarang kita kesini nanti juga untuk bersih bersih setelah ziarah," tambahnya. 

Sekedar informasi, Risma langsung berbaur bersama sejumlah petugas kebersihan membersihkan gapura masuk Makam Bung Karno usai ziarah.

Mensos RI Tri Risma terlihat mengambil selang lalu menyiram bagian bawah gapura Makam Bung Karno yang sebelumnya sudah digosok dan dibersihkan oleh petugas kebersihan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES