Politik

Fraksi PKB DPRD Pacitan Soroti Dana Pesantren dan Peningkatan PAD

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 20:45 | 71.72k
Sekretaris Komisi III DPRD Pacitan, Wahyu Pujiono. (FOTO: Rojihan/TIMES Indonesia)
Sekretaris Komisi III DPRD Pacitan, Wahyu Pujiono. (FOTO: Rojihan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Momen Hari Santri Nasional 2021, Anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Wahyu Pujiono meminta kepada Pemerintah Daerah alokasikan dana untuk kesejahteraan Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah (Madin) yang ada di Pacitan.

Menurut pria yang juga menjabat Sekretaris Komisi III DPRD Pacitan itu selama ini belum ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten untuk pondok pesantren sementara PP Nomor 82 tahun 2021 sudah ada dan madin yang belum terjangkau oleh Pemprov Jatim.

"Yang pertama saya mengucapkan Hari Santri Nasional tahun 2021, kemudian setelah saya mengamati selama ini di APBD Pacitan belum ada perhatian kusus untuk pesantren dan madin. Maka ini kedepan harus menjadi perhatian dan penganggaran," katanya, Sabtu (23/10/2021).

Tak kalah penting menurut Wahyu menyikapi rencana pembahasan APBD tahun 2022 soal peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) juga harus ditingkatkan salah satunya meningkatkan biaya pajak tanah dan bangunan atau PBB-P2 berada di PLTU Sudimoro.

Wahyu menilai angkat Rp700 juta dalam satu tahun jumlah yang sangat kecil, lebih-lebih PLTU Kecamatan Sudimoro itu merupakan perusahaan pembangkit listrik yang besar untuk Jawa-Bali.

"Ya seharusnya lebih besar dong. Kalau nilai Rp.700 juta itu kurang menurut saya lebih dari Rp5 miliar dalam satu tahun, toh nanti pajak itu juga digunakan untuk pembangunan daerah," terangnya.

Tak berhenti begitu saja Wahyu berharap Pemkab Pacitan juga memiliki trobosan yang cepat dalam membangun Pacitan dengan inovasi di bidang tiketing wisata.

Dia mengusulkan adanya E-Tiketing disetiap pariwisata selain memberikan pelayanan yang baik juga meminimalisir kebocoran PAD sektor wisata. Mengingat selama ini penyumbang terbesar PAD dari sektor wisata.

"Kedepan jika sudah buka untuk meningkatkan pendapatan Pemkab. Pacita  saya berharap menerapkan E-Tiketing, selain meminimalisir adanya pungli juga cara itu bagus untuk pendapatan daerah," jelas Anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Pacitan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES