Peristiwa Daerah

Hari Santri Nasional, Momen Upgrade Semangat Santri Hadapi Pandemi

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 19:16 | 40.99k
Gerai vaksinasi di Ponpes Nurul Jadid, Probolinggo (foto: Iqbal/TIMES Indonesia)
Gerai vaksinasi di Ponpes Nurul Jadid, Probolinggo (foto: Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong, Kabupaten Probolinggo, Jatim, KH. Mohammad Haris mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional menjadi momen upgrade semangat santri menghadapi pandemi Covid 19.

Menurut figur yang biasa disapa Gus Haris ini, pesantren terbukt kuat menghadapi Pandemi Covid 19 yang melanda selama hampir 2 tahun terakhir. Dibuktikan dengan tiadanya kejadian luar biasa, seperti yang dikhawatirkan banyak orang.

"Di pesantren itu kan komunal. Dalam satu kompleks diisi banyak santri. Tapi alhamdulillah tidak ada kejadian luar biasa," kata Gus Haris usai Gowes Hari Santri Nasional 2021 yang digelar Pemkot Probolinggo, Baznas dan PCNU kota setempat, Sabtu (23/10/2021).

Gowes HSN start dari depan kantor Wali Kota di Jl Panglima Sudirman, finish di Klinik NU Kota Probolinggo, Jl Mastrip, Kelurahan/Kecamatan Kedopok.

Gerai vaksinasi di Ponpes Nurul Jadid bPengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong, Gus Haris (foto: Dokumen)

Berlangsung di tengah Pandemi Covid 19, gowes sarungan itu bertema Dengan HSN 2021, Sukseskan Vaksinasi Guna Mewujudkan Masyarakat Kota Probolinggo Sehat Jiwa dan Raga.

Sesuai dengan tema, Pemkot Probolinggo menyediakan layanan vaksinasi Covid 19 di garis Klinik NU Kota Probolinggo yang menjadi garis finish. Gowes hari santri nasional juga dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

Diketahui, Hari Santri Nasional diperingati setiap 22 Oktober berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 22 tahun 2015. Merujuk pada Resolusi Jihad oleh KH. Hasyim Asy'ari.

Peringatan hari santri pertama kali dilakukan tahun 2016 dengan tema Dari Pesantren untuk Indonesia. Dan setiap tahun, tema peringatan hari santri yang merujuk pada tercetusnya resolusi jihad ini mengambil tema berbeda-beda.

Tahun ini, peringatan Hari Santri Nasional bertema Santri Siaga Jiwa dan Raga. Sementara versi RMI PBNU, tema hari santri tahun ini adalah Bertumbuh, Berdaya, dan Berkarya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES