Peristiwa Daerah

Masyarakat Oba Apresiasi AGK Sukses Gelar STQH Nasional XXVI Malut 

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 19:04 | 33.40k
Muhammad Djabir Taha, tokoh Oba yang juga mantan Calon Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan. (Foto: Dok Muhammad Djabir Taha)
Muhammad Djabir Taha, tokoh Oba yang juga mantan Calon Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan. (Foto: Dok Muhammad Djabir Taha)

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Al-Hadits atau STQH Nasional XXVI di Sofifi, Maluku Utara sejak 14-22 Oktober 2021 berlangsung sukses. Event ini diakui memiliki dampak positif bagi masyarakat khususnya pelaku usaha UMKM. 

"Sebagai tuan rumah, kami masyarakat Oba sangat berterimakasih kepada Gubernur dan jajaran panitia karena memberikan efek ekonomi kepada masyarakat," ujar salah satu tokoh Oba, Muhammad Djabir Taha kepada TIMES Indonesia disela-sela menyaksikan acara penutupan STQH Nasional. 

Menurutnya, kesuksesan acara ini tak lepas dari kepemimpinan Gubernur KH Abdul Gani Kasuba atau dikenal akronim AGK, dan Ketua Panitia Daerah Salmin Djanidi yang juga merupakan salah satu tokoh Oba. 

Kemampuan yang dimaksud mantan calon Wakil Wali Kota Tidore ini adalah mampu mengorganisir seluruh perangkat panitia dalam menyiapkan event sekelas STQH tingkat nasional di wilayah yang masih minim infrastruktur. 

Ia menyadari Sofifi masih banyak kekurangan, namun berkat sinergitas lintas panitia, maupun pemerintah daerah, dan pemerintah pusat membuat kekurangan itu seakan tidak terlihat. 

"Buktinya kita liat dari pembukaan sampai penutupan semua berjalan lancar dan sukses. Kami sangat mengapresiasi," jelasnya, Sabtu (23/10/2021). 

Goyoba, sapaan akrab Muhammad Djabir Taha menyampaikan bahwa, kedepan Sofifi sudah harus menjadi tuan rumah event-event nasional lainnya, seperti MTQ, Jambore, bahkan PON. 

"Keberanian Gubernur sudah teruji dan terbukti. Kita pasti bisa menjadi tuan rumah yang baik di event yang lebih besar," tandasnya. 

Samsuddin, pelaku UMKM menungkapkan dalam sehari ia meraup keuntungan mencapai Rp1 juta, jumlah itu jauh dari pendapatan biasanya di luar event ini.

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur, berkah Al-Qur'an luar biasa. Kami semakin semangat berjualan," ungkapnya ketika ditemui TIMES Indonesia di stan miliknya di depan DPRD Malut. 

Samsuddin sendiri berjualan aneka minuman, seperti Jus Alpukat, Jus Buah Naga, Es Kelapa Muda, dan minuman sachet lainnya. 

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Gubernur dan Kadis Koperasi UKM, Wa Zaharia yang telah memberikan kesempatan kepada mereka untuk berjualan selama kegiatan berlangsung. 

Sebagaimana diketahui, STQH Nasional XXVI secara resmi ditutup oleh Wakil Menteri Agama RI, Kamaruddin Amin. Sementara yang keluar sebagai juara umum kali ini adalah DKI Jakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES