Peristiwa Daerah

Selesaikan Konflik Agraria, KSP RI Sarankan Pembentukkan GTRA di Ciamis

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 18:32 | 30.54k
Tim KSP RI sarankan pembentukkan GTRA di Ciamis (foto: Humas Kabupaten Ciamis)
Tim KSP RI sarankan pembentukkan GTRA di Ciamis (foto: Humas Kabupaten Ciamis)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Kedeputian II Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia sarankan pembentukkan Gugus Tugas Reforma Agraria atau GTRA dalam menyelesaikan konflik agraria dan reforma agraria Ciamis, Jawa Barat.

"Kami apresiasi Ciamis telah membentuk Tim Terpadu untuk menangani konflik agraria dan memfasilitasi proses pertahanan di Ciamis. Namun, selain itu, perlu ada pembentukkan GTRA juga," kata Tenaga Ahli Utama Kedeputian II KSP, Usep Setiawan, Sabtu (23/10/2021).

Tim KSP RI bBupati Ciamis, Herdiat Sunarya (foto: Humas Kabupaten Ciamis)

Pembentukkan GTRA tersebut terdiri dari Bupati sebagai ketua dan BPN sebagai pelaksana. Serta, Sekda, Kepala SKPD dan masyarakat lainnya juga termasuk di dalamnya.

Usep juga menerangkan, ada 3 penyelesaian skema permasalahan PTPN. Pertama, pelepasan aset tanah PTPN dan penghapusbukuan dari aset negara dari kementerian keuangan. Kedua, mekanisme hibah, bagi perumahan, fasilitas umum dan fasilitas sosial di sekitar PTPN. Ketiga, mekanisme penertiban dan pendayagunaan tanah terlantar.

Menanggapi penjelasan dari KSP, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya akan segera menginstruksikan pemimpin SKPD terkait. Bahkan, bekerjasama juga dengan ATR BPN agar segera mengidentifikasi lahan-lahan yang berbatasan dengan PTPN dan perhutani.

Tim KSP RI cPembahasan pembentukkan GTRA di Ciamis (foto: Humas Kabupaten Ciamis)

“Kami akan segera mengidentifikasi lahan-lahan di sekitar PTPN untuk mempercepat penyelesaian konflik agraria,” ujar Bupati Ciamis.

Mengenai pembentukan Tim Terpadu dalam penanganan proses pertanahan, Bupati menyatakan, pembentukkan Tim Terpadu di Ciamis yaitu untuk membantu GTRA. Sehingga, adanya sinergitas antara tim terpadu dan GTRA dalam menyukseskan reforma agraria dengan adanya tim terpadu.

“Peran Pemkab Ciamis dalam reforma agraria yang paling utama yakni Pemda betul-betul ingin memfasilitasi antara masyarakat dengan para pengelola pemilik. Jadi, yang jelas, kita berada di belakang masyarakat dan siap membantu dan membela masyarakat,” pungkasnya (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES