Peristiwa Daerah

Bentuk Penghormatan Mantan Dirlantas Polri, Lapangan ISDC Dinamakan 'Sonny Harsono'

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 09:04 | 44.35k
Kakorlantas menyerahkan plakat kepada keluarga Brigjen Pol (Purn) Sonny Harsono. (Foto: Instagram NTMC Polri)
Kakorlantas menyerahkan plakat kepada keluarga Brigjen Pol (Purn) Sonny Harsono. (Foto: Instagram NTMC Polri)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lapangan Indonesia Safety Driving Center (ISDC) yang berlokasi di Pusat Pendidikan Lalu Lintas (Pusdik Lantas) Serpong, Tangerang, Banten kini resmi diberi nama Sonny Harsono oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono pada Jumat (22/10/2021) kemarin.

Turut hadir keluarga Almarhum Brigjen Pol (Purn) Sonny Harsono pada saat peresmian nama lapangan tersebut dengan ditandai penandatanganan batu prasasti oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan memberikan nama ISDC dengan nama Sonny Harsono sebagai penghormatan kepada beliau," ucap Istiono dilansir dari keterangan tertulisnya, Sabtu (23/10/2021).

Istiono mengungkapkan, hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan Korlantas Polri kepada Brigjen Pol (Purn) Sonny Harsono itu yang telah memberikan sumbangsihnya kepada polri khususnya di institusi kepolisian lalu lintas.

Kakorlantas Polri aKakorlantas Polri saat akan menandatangani batu prasasti peresmian nama Sonny Harsono di lapangan ISDC, Pusdik Lantas, Serpong, Tangerang. (Foto: Instagram NTMC Polri) 

Dalam sejarah Lalu Lintas dari situs resmi Korlantas Polri, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tanggal 4 Agustus 2010 Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) berubah menjadi Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas Polri).

Semasa masih menggunakan nama Ditlantas, Brigjen Pol (Purn) Sonny Harsono merupakan mantan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) di tahun 1990an.

Istiono mengatakan, selama beliau menjabat sebagai Dirlantas, berbagai inovasi telah dilakukan termasuk dalam hal meminimalisir penyimpangan dalam pelayanan penertiban Surat Izin Mengemudi (SIM), diterapkan sistem komputerisasi penerbitan SIM di 11 Kota Provinsi pada Oktober 1992.

Istiono menceritakan, Brigjen Pol (purn) Sonny Harsono memiliki pribadi yang baik, mengutamakan pendidikan. Terbukti, lapangan ISDC dibangun tak lepas peran dari beliau.

Kakorlantas Polri bKakorlantas bersama keluarga Brigjen Pol (Purn) Sonny Harsono. (Foto: dok. Korlantas Polri)

"Pada masa beliau menjabat, mulai dikirim para perwira polisi lalu lintas untuk belajar ilmu lalu lintas ke negeri Belanda, dan sekarang para perwira tersebut memberikan inspirasi bagi pengembangan institusi polisi lalu lintas," ungkap Istiono.

Sebelum menjabat sebagai Dirlantas, dalam buku mimbar kekaryaan ABRI edisi 232 April tahun 1990, Sonny Harsono yang masih berpangkat Kolonel ditunjuk sebagai Kasubdit Lantas Polri dan sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Pendidikan Polisi Lalu Lintas (Pusdik Lantas).

Selain menjabat sebagai Dirlantas, Brigjen Pol (Purn) Sonny Harsono juga pernah menjabat sebagai Sekretaris NCB-Interpol ditahun 1994-1996.

Kini, nama Brigjen Pol (Purn) Sonny Harsono akan dikenang dan diingat sebagai nama lapangan ISDC yang berada Pusdik Lantas Polri, Serpong, Tangerang, Banten. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES