Peristiwa Daerah

PWNU Jatim Persembahkan 37 Agenda Meriahkan Hari Santri Nasional 2021

Jumat, 22 Oktober 2021 - 17:19 | 40.78k
Ilustrasi logo PWNU Jatim. (Foto: Dok.PWNU Jatim)
Ilustrasi logo PWNU Jatim. (Foto: Dok.PWNU Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional (HSN) setelah adanya penandatangan Keppres nomor 22 Tahun 2015 oleh Presiden Joko Widodo di Masjid Istiqlal Jakarta pada 15 Oktober 2015.

Penetapan HSN pada tanggal 22 Oktober itu merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945.

Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali Wilayah Republik Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan.

PWNU Jawa timur setiap tahun berperan aktif menyelenggarakan kegiatan untuk menyemarakkan peringatan HSN.

Panitia HSN PWNU Jatim pada tahun ini diketuai oleh Dr KH Ahmad Fahrur Rozi, yang juga selaku Wakil Ketua PWNU Jatim dengan menyelenggarakan 37 kegiatan secara marathon selama Oktober hingga November 2021.

Dalam rangka puncak acara peringatan HSN, PWNU jatim dan mempererat hubungan silaturahim alim ulama kultural dan struktural NU, panitia pelaksana  berencana menggelar silaturahim ulama PWNU  bersama para dzurriyyah pendiri NU.

KH Ahmad Fahrur Rozi menjelaskan bahwa acara dimaksud dilaksanakan pada hari Jumat, 22 Oktober 2021 pukul 18.00 WIB sebelum acara puncak resepsi HSN di ruang KH Wahab Hasbullah, lantai 2 PWNU Jatim.

"Acara ini akan dikemas dalam diskusi dan musyawarah terbatas di antara para kyai jajaran syuriyah dan tanfidziyah pimpinan PWNU Jatim dengan para kyai dan nyai dzurriyah pendiri NU," jelas Gus Fahrur.

Adapun rangkaian agenda HSN PWNU  Jatim ada 37  kegiatan antara lain Olympiade Matematika (1-24 Oktober), Vaksinasi 1 Juta Santri (1-30 Oktober), Launching 1000 Rumah Ternak (1-30 Oktober), Webinar Muslimat NU (1 Oktober), Launching Kitab Dewan Hadroh Isari (2 Oktober), dan sederet giat lain seperti aneka lomba dan kirab panji resolusi jihad.

Kemudian juga ada Festival Indonesia Cinta Sholawat (23 Oktober), Webinar LWPNU ke-1 (23 Oktober), Webinar LWPNU ke-2 (30 Oktober), Bahtsul Masaail LBM PWNU Jatim (24 Oktober), Turnamen Olahraga Santri (24-30 Oktober), Workshop Santri Sehat ISNU (27 Oktober), Up Grading Instruktur PKPNU Jatim (28 Oktober), Festival Seni Santri Virtual (28 Oktober), Bimtek Sertifikasi Halal (28 Oktober), Webinar LKKNU (30 Oktober), Gala Dinner Crown Funding Menara 17 PWNU (6 Nopember), dan Pendidikan Kader Syuriah PPWK PCNU se-Jatim (10 Nopember).

Adapun puncak acara resepsi Hari Santri Nasional akan dilaksanakan pada hari ini 22 Oktober 2021 bersama Forkompimda Jatim dan seluruh PCNU se- Jawa timur secara hybrid luring dan daring.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES