Peristiwa Daerah

Kota Yogyakarta Deklarasikan Tuntas Vaksinasi Covid-19

Jumat, 22 Oktober 2021 - 17:07 | 24.94k
Pemerintah Kota Yogyakarta mendeklarasikan Kota Yogyakarta tuntas vaksin bersama steak holder. (FOTO: Pemkot Yogyakarta for TIMES Indonesia)
Pemerintah Kota Yogyakarta mendeklarasikan Kota Yogyakarta tuntas vaksin bersama steak holder. (FOTO: Pemkot Yogyakarta for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Kesadaran warga Kota Yogyakarta mengikuti Program Nasional Vaksinasi Covid-19 ternyata cukup tinggi. Buktinya, warga ber-KTP Kota Yogyakarta yang sudah disuntik vaksin mencapai 263.496 orang. Sedangkan warga berusia diatas 12 tahun yang belum disuntik masih tersisa sebanyak 29.941 orang.

“Data kami, Dinas Kesehatan Pemkot Yogyakarta per 18 Oktober 2021, warga Kota Yogyakarta yang sudah disuntik vaksin dosis pertama ada sebanyak 263.496 orang dan yang stasusnya terdaftar vaksin sebanyak 12.084 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Yogyakarta, drg Emma Rahmi Aryani kepada TIMES Indonesia, Jumat (22/10/2021).

Emma menegaskan untuk mencapai herd immunity, Pemkot Yogyakarta terus berupaya mempercepat program vaksinasi. Karena itu, pihaknya berkolaborasi dengan berbagai stake holder yang ada di Kota Yogyakarta untuk menyelenggarakan vaksinasi. Seperti, program vaksinasi reguler, vaksinasi massal, vaksinasi sentra, vaksinasi pelajar, dan vaksinasi berbasis kewilayahan.

“Untuk menyukseskan program vaksinasi di Kota Yogyakarta, kami melibatkan Forkompimda, Forkompimca, PKK se-Kota Yogyakarta, tokoh agama, tokoh masyarakat, relawan, akademisi, dan stakeholder lain,” papar perempuan yang meraih Anugerah TIMES Indonesia kategori Women of The Year Yogyakarta 2020.

Selain itu, Pemkot Yogyakarta menunjuk 13 rumah sakit, 18 puskesmas, dan tiga klinik sebagai pusat vaksinasi. Untuk menyukseskan vaksinasi massal, pihaknya juga melibatkan relawan dari perguruan tinggi di Kota Yogyakarta.

“Khusus untuk vaksin pelajar setingkat SMA, SMP, dan SD diatas usia 12 tahun, kegiatan vaksin dilaksanakan secara massal di beberapa sekolah. Mayoritas pelajar telah memperoleh vaksin. Data dari Disdikpora Kota Yogyakarta per tanggal 12 Oktober 2021, pelajar yang sudah disuntik vaksin mencapai 91,88 persen,” papar Emma.

Kepala sekolah SMA N 2 Yogyakarta, Lucia Wirastuti Kindarsih mengatakan, jelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pihaknya ikut menyukseskan Program Nasional Vaksinasi Covid-19. Vaksinasi dosis kedua ini didukung oleh Korem 072 Pamungkas.

“Terima kasih Korem 072 Pamungkas telah mendukung kegiatan vaksinasi,” kata Kepala sekolah SMA N 2 Yogyakarta Lucia Wirastuti Kindarsih.

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 di sekolahnya tidak hanya diikuti pelajar sekolah setempat. Namun, ada pula pelajar dari sekolah lain. “Semoga dengan vaksin ini para pelajar memiliki kekebalan tubuh sehingga proses belajar mengajar tata muka benar-benar kembali normal,” terang Wirastuti.

Komandan Korem 072 Pamungkas Brigjen TNI Afianto mengatakan, selain di SMA N 2 Yogyakarta, pihaknya juga melakukan vaksinasi di SMK N 6 Yogyakarta dan SMK Koperasi Yogyakarta.

Vaksinasi target pelajar untuk mendukung agar sekolah dapat segera melakukan pembelajaran tatap muka,” terang Brigjen TNI Afianto yang merupakan alumni SMAN 2 Yogyakarta tahun 1985. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES