Peristiwa Nasional

Menanti Gubernur Anies Baswedan Resmikan JIS untuk Warga DKI Jakarta

Jumat, 22 Oktober 2021 - 17:00 | 61.28k
Jakarta International Stadium (JIS) yang kini akan rampung. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta International Stadium (JIS) yang kini akan rampung. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masyarakat DKI Jakarta sudah tak sabar menunggu Gubernur Anies Baswedan meresmikan Jakarta International Stadium atau JIS.

Pasalnya, selain akan mendongkrak perekonomian rakyat akar rumput, Stadion ini juga akan menjadi stamina baru bagi dunia olahraga di ibu kota.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik menyampaikan pihaknya berharap besar peresmian JIS dilakukan pada saat Anies masih menjabat sebagai orang nomor satu di Jakarta.

Oleh karena itu, ia pun mendesak agar pihak Jakpro bisa segera menyelesaikan pembangunan itu tepat waktu. Yaitu sebelum jabatan Gubernur Anies berakhir pada Oktober 2022 nanti.

"Ini insya Allah menjadi legacy pemerintahan. Kami berpesan tolong ini diselesaikan secara baik, tepat waktu. Pak Gubernur Anies itu umurnya sampai 17 Oktober 2022, jangan lewat 17 Oktober. Jadi peresmian-peresmian itu harus sebelum 17 Oktober," kata dia Jumat (22/10/2021).

Sekedar diketahui, pembangunan stadium yang berlokasi di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara tersebut sudah mencapai 76,52 persen

"Minggu ke 111 sudah mencapai 76,52 persen. Akhir bulan ini sudah mencapai 80 persen, mungkin seluruh fasadnya sudah tertutup," ungkap Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto.

JIS merupakan stadion yang dirancang memenuhi standar Federation Internationale de Football Association (FIFA) dengan kapasitas 82.000 penonton.

Serta dilengkapi atap buka-tutup secara otomatis yang pertama kali di Indonesia. Soft launching JIS akan digelar pada 10 Desember 2021. Sementara grand launching-nya dijadwalkan berlangsung pada Maret 2022 mendatang.

Diketahui, JIS dibangun di atas lahan seluas 221.000 meter persegi dengan anggaran Rp 4,08 triliun, pembangunan JIS memang ditargetkan akan rampung pada 2021 ini.

Stadion yang dibangun di pesisir utara Jakarta itu akan dilengkapi dengan atap buka-tutup otomatis pertama di Indonesia dan memiliki sky viewing deck di ketinggian 70 meter.

Pembangunan JIS direncanakan akan memiliki fasilitas restoran, ruang VIP dan ruang ganti yang mewah.

Begitu juga faktor penunjang lainnya seperti lahan parkir yang mampu menampung 800 mobil di parkir VIP dan VVIP dan 100 bus. Begitu juga perlintasan jalur kereta api, LRT dan MRT yang akan dibangun seiring dengan pembangunan stadion JIS. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES