Pemerintahan

Hari Santri 2021, Pesantren kembali Dapat Kado dari Presiden RI Jokowi

Jumat, 22 Oktober 2021 - 10:45 | 22.63k
Upacara Peringatan Hari Santri tahun 2021 di halaman Kantor Kementerian Agama, Jakarta. (FOTO: Dok. Kemenag/Rusydi Sani)
Upacara Peringatan Hari Santri tahun 2021 di halaman Kantor Kementerian Agama, Jakarta. (FOTO: Dok. Kemenag/Rusydi Sani)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pada Upacara peringatan Hari Santri Nasional di halaman kantor Kementerian Agama (Kemenag RI) Jakarta, pada Jumat (22/10/2021) pagi tadi, Menteri Agama (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, dalam peringatan Hari Santri ini, pesantren kembali mendapatkan 'kado indah' dari Presiden RI Jokowi.

“Kado itu adalah Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Perpres ini secara khusus mengatur tentang dana abadi pesantren yang dialokasikan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pendidikan pesantren,“ kata Menag yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Menag-selaku-inspektur-upacara-pada-peringatan-Hari-Santri.jpg

Menag selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Santri tahun 2021. (FOTO: Dok. Kemenag/Rusydi Sani) 

Menag menjelaskan, dua tahun sebelumnya, yaitu jelang peringatan Hari Santri 2019, kaum santri juga mendapatkan 'kado istimewa' berupa pengesahan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.  

“UU Pesantren maupun Perpres Pendanaan Pesantren, merupakan bentuk rekognisi, afirmasi, dan fasilitasi negara terhadap pesantren. Ke depan, pesantren diharapkan terus mengembangkan fungsi pendidikan, fungsi dakwah dan juga fungsi pemberdayaan masyarakat,“ jelasnya.

Para-Santri-yang-mengikuti-upacara-hari-Santri.jpg

Para Santri yang mengikuti upacara hari Santri dilingkungan Kemenag. (FOTO: Dok. Kemenag/Rusydi Sani) 

Tak lupa dalam upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2021, Menag mengajak para santri dan seluruh elemen masyarakat untuk mendoakan para pahlawan bangsa terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. 

“Semoga arwah para pahlawan bangsa, mereka yang gugur sebagai kusuma bangsa, ditempatkan pada tempat yang terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta'ala. Amin,“ ucap Menag.

“Selamat Hari Santri Nasional 2021. Santri Siaga Jiwa Raga,“ tandas Menag RI Yaqut Cholil Qoumas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES