Peristiwa Nasional

Diguncang Gempa 5,3 M, Warga Malang Selatan Sempat Panik

Jumat, 22 Oktober 2021 - 10:22 | 27.49k
Laporan kegempaan di Malang Selatan. (FOTO: BMKG)
Laporan kegempaan di Malang Selatan. (FOTO: BMKG)

TIMESINDONESIA, MALANGGempa bumi berkekuatan 5,3 M skala Richter kembali mengguncang perairan Malang Selatan, Jumat (22/10/2021) pagi. Guncang gempa mengakibatkan warga sempat panik.

Salah satu warga Malang Selatan, tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Muhklis mengatakan guncangan gempa terasa kuat.

"Tadi warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah," ujar Mukhlis kepada TIMES Indonesia. Dia mengatakan, kepanikan warga cukup beralasan. Karena beberapa waktu lalu terjadi gempa yang merusak ribuan rumah.

"Tentunya warga khawatir ada gempa susulan. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan," kata pria yang juga sebagai relawan PMI Kabupaten Malang tersebut.

Sementara itu, Kepala BMKG Satgeo Malang di Karangkates, Ma'muri mengatakan, gempa terjadi akibat aktivitas subduksi. Seperti diketahui, aktivitas subduksi selama ini memang menjadi penyebab gempa bumi.

"Gempa bumi tidak berpotensi tsunami," imbuhnya. Dia menyebutkan ada sekali gempa susulan yang berkekuatan sebesar 4,8 skala Richter.

"Masyarakat kami imbau agar tidak panik dan tetap waspada. Hindari bangunan yang rusak dan retak," terangnya. Pihaknya juga terus memantau aktivitas kegempaan.

Sedangkan informasi dari PMI Kabupaten Malang, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan rumah maupun bangunan dari Gempa bumi di Malang Selatan tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES