Peristiwa Daerah

Gempa Bumi 5,3 M Guncang Wilayah Barat Daya Malang

Jumat, 22 Oktober 2021 - 09:42 | 87.72k
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi.

TIMESINDONESIA, MALANGGempa bumi dengan kekuatan 5,5 Magnitudo terjadi di barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (22/10/2021). BMKG menginsformasikan, gempa bumi terjadi pukul 09:21:15 WIB di perairan barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 33 km.

"Tidak berpotensi tsunami," bunyi pengumuman BMKG.

Beberapa warga Kota Malang melaporkan merasakan getaran gempa. Sedangkan dari Blitar, wartawan TIMES Indonesia menyebutkan getaran akibat gempa bumi terasa kuat.

BMK menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).  

Sedangkan guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Blitar III-IV MMI, Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember, Trenggalek II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Pacitan II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

BMKG juga mencatat ada gempa bumi susulan pada pukul 09.43 WIB, dengan skala M 4,8 .

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. (*)

Gempa-Malang.jpgInformasi gempa bumi di Malang yang dikeluarkan BMKG, Jumat (22/10/2021).

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES