Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Video Bendera Bintang Kejora Berkibar di Tower BTS Telkomsel

Jumat, 22 Oktober 2021 - 16:49 | 57.38k
Unggahan video bendera bintang kejora berkibar di Tower Telkomsel Manokawi, Papua Barat.
Unggahan video bendera bintang kejora berkibar di Tower Telkomsel Manokawi, Papua Barat.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video dengan keterangan bendera bintang kejora berkibar di Tower Telkomsel Manokawi, Papua Barat. Video tersebut diunggah oleh kanal YouTube Suara Papua TV pada 19 Oktober 2021.

Dalam video berdurasi 25 detik itu terlihat bendera Bintang Kejora berkibar di tower base transceiver station (BTS).

cek fakta bendera bintang kejoraSumber: YouTube (https://www.youtube.com/watch?v=kbVwWUe_eRA)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa bendera Bintang Kejora dikibarkan di tower milik Telkomsel, salah. Kami menemukan pernyataan pihak Telkomsel yang membantah hal tersebut.

General Manager External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim membantah informasi yang beredar terkait bendera Bintang Kejora. Dia menegaskan tower yang menjadi tempat pengibaran bendera Bintang Kejora bukanlah milik Telkomsel. 

“BTS yang dimaksud dalam berita dan informasi yang beredar adalah bukan milik Telkomsel,” tegas Aldin dalam rilis tertulis seperti dilansir Kompas.com, Selasa (19/10/2021) malam.

Aldin mengatakan, Telkomsel merupakan perusahaan yang patuh dan senantiasa menerapkan good corporate governance.

cek fakta bendera bintang kejora 2Sumber: Telkomsel Sebut Tower Lokasi Pengibaran Bendera Bintang Kejora di Manokwari Bukan Miliknya | Kompas

Sementara, Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurniawan mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk mencari tahu siapa yang berada di balik pengibaran bendera tersebut.

"Saya telah perintahkan anggota untuk selidiki, kejar dan tangkap pelakunya," ujarnya.

Kasat Reskrim, Polres Manokwari, IPTU Arifal Utama mengatakan anggotanya berada di lapangan untuk mengumpulkan keterangan guna mencari tahu pelaku aksi pengibaran tersebut. Bendera Bintang Kejora  kerap digunakan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) dalam gerakannya.

cek fakta bendera bintang kejora 3Sumber: Bendera Bintang Kejora Berkibar di Puncak BTS di Manokwari | CNN Indonesia

Mengutip CNN Indonesia dan Kompas.com, bendera Bintang Kejora dikibarkan di tiang menara (tower) BTS di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja, Kabupaten Manokwari, Papua Barat pada Selasa (19/10/2021). BTS tersebut berada di sisi jalan utama antara Kampung Ayombori dan Perumahan Sarinah Manokwari.

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa bendera Bintang Kejora dikibarkan di tower BTS milik Telkomsel di Manokwari, Papua Barat, salah. Pihak Telkomsel telah membantah hal tersebut.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya. 

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES