Peristiwa Daerah

STQ Nasional XXVI Malut Bersejarah Bagi Kafilah Sumatera Utara

Kamis, 21 Oktober 2021 - 21:20 | 47.30k
Ketua LPTQ Sumut, Asren Nasution bersama para finalis STQ Nasional XXVI asal Sumatera Utara. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
Ketua LPTQ Sumut, Asren Nasution bersama para finalis STQ Nasional XXVI asal Sumatera Utara. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an Nasional XXVI (STQ Nasional XXVI) Provinsi Maluku Utara (Malut) memberikan kesan positif bagi para kafilah dari 34 daerah, termasuk Sumatera Utara (Sumut).

Panitia daerah yang all out memberikan pelayanan kepada para kafilah dan rombongan pemerintah daerah dinilai menjadi pembedah dengan STQ Nasional sebelumnya. 

Mereka dilayani sejak kedatangan di Bandara Baabullah Ternate, dibawa ke Pusat pelaksanaan STQN di Sofifi, dan disediakan pemondokan gratis. Setiap OPD di lingkungan Pemprov Malut diberikan tanggung jawab masing-masing rombongan kafilah.  

Begitu juga dengan pejabat tinggi maupun kepala daerah yang berkunjung ke Sofifi memberikan semangat langsung kepada putra-putri terbaik mereka. 

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi misalnya, sejak tiba di Sofifi hingga balik ditemani oleh Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba. Itulah yang membuat mereka benar-benar kagum dengan pelayanan panitia dan menganggap ini adalah sejarah.

"Gubernur kami merasa tersanjung, walaupun lelah dari Papua ikuti PON sekian lama itu tapi terobati dengan pelayanan di Maluku Utara," ujar Ketua LPTQ Sumut, Asren Nasution kepada TIMES Indonesia disela-sela makan siang di Sofifi, Kamis (21/10/2021).

Menurutnya, meskipun Maluku Utara adalah Provinsi yang relatif baru tapi mampu menyelenggarakan event besar, bahkan itu dilaksanakan di wilayah yang infrastrukturnya masih terbilang minim. 

"Ini luar biasa, kami merasa seperti di daerah sendiri. Masyarakatnya ramah, buat kita makin nyaman,"ungkap Asren 

Ia menyampaikan ungkapan terimakasih dan apresiasi kepada Gubernur KH Abdul Gani Kasuba, panitia pelaksana khususnya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Malut, dibawah pimpinan Muliadi Tutupoho, yang telah memberikan pelayanan secara maksimal. 

Sumatera Utara Berpeluang Juara Umum STQ Nasional XXVI Malut

Kafilah Sumatera Utara memang sudah langganan juara di event STQ maupun MTQ tingkat nasional. Di STQ Pontianak mereka berhasil keluar sebagai juara III nasional, MTQ Padang 2020 lalu juga masuk 5 besar nasional. 

Sementara untuk STQ Nasional Maluku Utara, mereka berpeluang meraih juara umum dengan 6 perwakilan yang masuk ke babak final, bersaing dengan kafilah DKI Jakarta 9 perwakilan, dan Jawa Timur 8 orang.

Asren menilai DKI Jakarta dan Jatim patut diperhitungkan, kedua daerah itu memiliki potensi. Namun, Nusa Tenggara Barat (NTB) juga bisa menjadi kuda hitam. 

Meski begitu, dari segi persiapan, peserta bidang Hadits dan Tahfiz menjadi andalan kafilah Sumatera Utara. Di MTQ Padang Hadits meraih emas, begitu dengan hafalan meraih emas hingga ke Asia Pasifik. 

"Mana tahu ditakdirkan Allah, Tilawah wanita juara satu, itu pertama dalam sejarah Sumatera Utara di nasional, selama ini juara dua, juara tiga," ucapnya terkait pelaksanaan STQ Nasional XXVI Malut(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES