Peristiwa Daerah

Penyandang Disabilitas di Indramayu Dapat Bantuan Alat Bantu

Kamis, 21 Oktober 2021 - 20:33 | 24.66k
Salah satu warga penyandang disabilitas di Indramayu yang mendapatkan bantuan alat bantu.(Foto: Diskominfo Kabupaten Indramayu)
Salah satu warga penyandang disabilitas di Indramayu yang mendapatkan bantuan alat bantu.(Foto: Diskominfo Kabupaten Indramayu)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Sosial membagikan alat bantu untuk penyandang disabilitas di Kabupaten Indramayu, Kamis (21/10/2021). Alat bantu tersebut berasal dari bantuan Kementerian Sosial melalui BRSPD Tanmiyat Bekasi.

Sebanyak 25 orang mendapatkan bantuan tersebut. Dengan rincian 21 orang mendapat kursi roda, rolator kaki 3,1, serta 3 buah tongkat ketiak. Dari jumlah itu, 18 dibagikan untuk masyarakat di Kecamatan Jatibarang, sedangkan 7 alat bantu dibagikan di Kecamatan Indramayu.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Indramayu Ade Suhayati mengatakan, dalam melakukan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas dilakukan upaya pemenuhan hak penyandang disabilitas melalui pemberian bantuan sosial.

Hal ini sebagai upaya untuk melindungi, menghormati, memajukan dan memenuhi hak-hak penyandang disabilitas, sesuai dengan UU No. 11/2009 tentang Kesejahteraan Sosial, UU No. 19/2011 tentang pengesahan konvensi hak-hak penyandang disabilitas, Peraturan Pemerintah (PP) No. 52/2019, serta PP No. 52/2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas.

"Tujuan pemberian alat bantu kepada penyandang disabilitas antara lain untuk mendukung pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas, serta memudahkan penyandang disabilitas dapat tumbuh dan berkembang serta hidup bermasyarakat secara optimal sebagai wujud pencapaian hak-haknya," jelasnya, Kamis (21/10/2021).

Pemberian alat bantu ini, lanjutnya, juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas aksesibilitas atau aktivitas sehari-hari, sehingga lebih mandiri, juga memberikan layanan dan perlindungan sosial bagi penyandang disabilitas yang membutuhkan alat bantu yang berguna dalam membantu mobilitas.

Sebelumnya, lanjutnya, pada Bulan Juni yang lalu, pihaknya juga sudah memberikan bantuan sosial 100 kursi roda yang anggarannya berasal dari APBD yang dibagikan kepada 50 Penyandang Disabilitas Terlantar dan 50 Lanjut Usia Terlantar yang tersebar di 31 kecamatan.

"Diharapkan kondisi penyandang disabilitas menjadi lebih baik dari kondisi sebelumnya, serta dapat melaksanakan fungsi sosialnya di lingkungan masyarakat dan hidup mandiri," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES