Peristiwa Daerah

Kawasan Wisata Heritage Kayutangan Segera Disempurnakan

Kamis, 21 Oktober 2021 - 15:30 | 60.62k
Terlihat dari jauh Zona 3 Kayutangan Heritage di sekitaran patung Chairil Anwar yang bakal dibangun di Tahun 2022. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Terlihat dari jauh Zona 3 Kayutangan Heritage di sekitaran patung Chairil Anwar yang bakal dibangun di Tahun 2022. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kembali menyusun desain dalam penyempurnaan proyek besar destinasi Kawasan Wisata Heritage Kayutangan. Sebab, pada 2022 mendatang telah dianggarkan Rp6 miliar untuk mulai pengerjaan di zona tiga.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyebutkan bahwa meski di tahun 2022 mendatang akan dilakukan pengerjaan zona tiga untuk penyempurnaan kawasan Kayutangan Heritage, pihaknya juga tengah mempersiapkan berbagai kegiatan untuk mengeksiskan kembali kawasan tersebut.

"Jadi kita tidak hanya fokus di pengerjaan itu saja. Zona satu dan dua kan sudah selesai, kita juga sudah agendakan kegiatan di tahun 2022," kata Wali Kota Sutiaji, Selasa (19/10/2021).

Diskominfo-Pemkot-Malang.jpg

Penyempurnaan kawasan Kayutangan Heritage dan penunjang eksistensi kawasan melalui berbagai kegiatan tersebut dilakukan untuk bisa memaksimalkan proyeksi dan tujuan dibangunnya kawasan tersebut. “Setelah selesai nanti, semuanya kita angkat. Mulai dari ekonomi kreatifnya, Malang Heritage-nya dan bisa menjadi penopang Bromo Tengger Semeru (BTS) itu," pungkasnya.

Zona 3 Kayutangan bPeta konsep pembenahan kawasan Zona 3 Kayutangan Heritage. (Foto: Dok. DPUPRPKP Kota Malang/TIMES Indonesia)

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Kawasan dan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Ir. Diah Ayu Kusuma Dewi, ST., MT mengatakan, pembangunan Kayutangan Heritage di tahun 2022 mendatang tersebut merupakan program lanjutan. Di mana pada 2020 lalu telah selesai pengerjaan untuk zona satu dan dua. “Ini adalah kelanjutan sebelumnya. Maka zona tiga akan dilaksanakan pada tahun 2022," ujar Diah.

Diah membeberkan, untuk pengerjaan Zona Tiga yang bertempat disekitaran patung Chairil Anwar, pertama akan dilakukan pengerjaan pada batu andesit yang mengelilingi patung. "Itu pengerokan aspal 20 cm dan bagian bawah pasangan batu andesit dicor agar lebih kokoh," ungkapnya.

Kemudian, pengerjaan berikutnya adalah penataan pendestrian di zona tiga, yakni pelebaran trotoar, jalur pemandu difabel, drainase, ducting kabel, taman dan penambahan jalur sepeda. "Kita juga lakukan pembangunan street furniture, seperti penambagan kursi bagi pejalan kaki, tempat sampah terpilah dan agar pelindung pohon," bebernya.

Proyeksi pembangunan zona tiga tersebut, lanjut Diah, akan dilakukan hingga sepanjang depan Sarinah atau menuju lampu merah Alun-Alun Kota Malang. "Tapi desain disempurnakan di-review desain melalui amggaran PAPBD 2021 ini," katanya.

Diah juga menjelaskan bahwa pihaknya yang terus berkoordinasi dengan DPRD Kota Malang, telah mendapatkan beberapa masukan yang menurutnya bagus untuk bisa dituangkan dalam penyempurnaan kawasan Kayutangan Heritage.

"Usulannya, kita kan punya produk saniter klaseman. Apa memungkinkan kalau ada street furniture yang dipasang di Kayutangan Heritage dengan mengangkat produk lokal itu. Ini masih bentuk usulan dan di-review desainnya," tuturnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES