Olahraga

Portrad Jatim 2021 Resmi Dibuka, 5 Cabor Siap Dipertandingkan di GOR Pacitan

Kamis, 21 Oktober 2021 - 14:46 | 57.83k
Peserta dari masing-masing kontingen kota dan kabupaten se-Jatim berbaris di GOR sebelum bertanding.  (Foto: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Peserta dari masing-masing kontingen kota dan kabupaten se-Jatim berbaris di GOR sebelum bertanding. (Foto: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Sempat tertunda beberapa bulan, Pekan Olahraga Tradisional Provinsi Jawa Timur (Portrad Jatim 2021) telah resmi dibuka. Bertempat di Gelanggang Olahraga Pacitan, 5 Cabang Olahraga siap berkompetisi dalam laga.

Disampaikan Kabid Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Fitri Rahmawati, bahwa  Portrad tahun 2021 ini membawa sinergitas yang membangun potensi budaya melalui olahraga.

“Melalui olahraga tradisional ini, selain kebugaran juga untuk menggali potensi budaya yang merupakan warisan nenek moyang. Sehingga hidup sehat di tengah pandemi ini bisa terbentuk," katanya, Kamis (21/10/2021).

Fitri menyebutkan, setidaknya 20 kontingen dari kota atau kabupaten se Provinsi Jawa Timur dikirim untuk mengikuti kegiatan hingga Jumat (22/10) besok.

"Kegiatan yang dibuka hari ini diikuti oleh 353 peserta baik atlet maupun official. Panitia provinsi sebanyak 40 orang, panitia lokal 57 orang, undangan forkopimda 8 pejabat dan 20 dari provinsi," imbuhnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kelima cabor yang akan dipertandingkan pada tingkat provinsi Jawa Timur meliputi Egrang, Terompah Panjang, Sumpitan dan Dagongan. Seluruh peserta sudah dilakukan rapid test antigen sebelum memasuki GOR Pacitan serta dalam prokes ketat.

"Perlu kami sampaikan, semua peserta dan official yang hadir sudah melakukan rapid test antigen sebelum memasuki laga pertandingan, sehingga prokes tetap diketatkan," jelasnya.

Sementara, Kadispora Kabupaten Pacitan, Andi Faliandra mengatakan, semua cabang olahraga berlokasi di Sport Center Pacitan dan dibagi tiga titik.

"Untuk yang cabor Hadang di dalam GOR, terompah panjang di stadion dan yang sumpitan ada di lapangan panahan timur stadion. Sudah mulai bertanding hari ini," terangnya.

Selain itu, Andi menilai, kegiatan ini diproyeksikan dapat mendongkrak minat wisatawan serta mendukung program Pemkab dalam percepatan ekonomi triwulan.

"Alhamdulillah, tahun ini Pacitan menjadi tuan rumah. Tentu keuntungan bagi kita adalah pada sektor pariwisata dan perekonomian seperti UMKM Lokal," ungkapnya.

Untuk itu, Bupati Pacitan menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung berjalannya kegiatan tahunan dengan event Portrad tingkat Provinsi Jatim dan mempersilahkan peserta berkunjung ke tempat wisata.

"Maka silahkan setelah pertandingan nanti semua bisa menikmati keindahan kota Pacitan. Selamat datang buat peserta kontingen dan saya sampaikan terimakasih kepada Gubernur Pacitan, Khofifah Indar Parawansa. Selamat bertanding," ujarnya.

Terakhir, Aji berharap seluruh peserta tetap sportif dalam pertandingan, sehingga pulang dengan membawa nama baik daerah masing-masing dengan harum.

"Saya berpesan kepada seluruh peserta yang hadir, jaga sportifitas pertandingan. Jaga nama baik daerah. Pulanglah dengan rasa bangga. Salam olahraga," katanya saat membuka kegiatan Portrad Jatim 2021.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES