Kopi TIMES

Happy Milad HSN

Kamis, 21 Oktober 2021 - 13:30 | 54.82k
Laily Fitriyah Liza Min Nelly, Alumni PP Zainul Hasan Genggong, Probolinggo; Aktivis UKM dan pegiat sosial.
Laily Fitriyah Liza Min Nelly, Alumni PP Zainul Hasan Genggong, Probolinggo; Aktivis UKM dan pegiat sosial.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Santri bagian dari basis kekuatan membangun Indonesia emas. Karenanya santri harus mampu berani menjadi generasi sanswich menopang kehidupan tiga generasi kemaren, kini dan esok.

Hari Santri Nasional dibidani oleh Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama pimpinan Hadratusyekh KH Hasyim Asy'ari.

Resolusi ini meminta ketegasan negara Indonesia untuk segera mendeklarasikan jihad terhadap segala bentuk penjajahan

 Resolusi jihad dasar perlawanan para santri dan kyai melawan penjajah. Saat itu kolonoialisme ingin kembali mengusai Indonesia berkedok NICA, dengan membonceng tentara Inggris.

Karenanya KH Hasyim Asy'ari menurunkan fatwa jihad atau perang suci melawan penjajah.

Hari Santri Nasional menjadi pengingat bagi tiap muslim tetang semangat perjuangan para kyai dan santri. Semangat ini mesti dilanjutkan untuk mengatasi berbagai tantangan kontemporer

KHA mengeluarkan resolusi jihad 22 Oktober 1945 untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan pasca kembalinya penjajah ke negei ini yg sudah diproklamasikan 2 bulan sebelumnya.

Ada yang aneh, mengapa tidak ada yang khawatir menjadi berkarakter penjajah pada hal kita menggunakan produk ide-ide penjajah. 

Tetapi ketika muncul seberkas cahaya religi dalam masyarkat kita, kemudian banyak yang menentang dan mengkhawatirkan menjadi radikal

Sikap seperti ini berlawanan dg semangat HSN. Bersama Santri Damailah Negeri, Bersama Santri Damailah Hati, Bersama Santri Indonesia Berprestasi. Selamat Hari Santri Nasional 2021.

***

*) Oleh: Laily Fitriyah Liza Min Nelly, Alumni PP Zainul Hasan Genggong, Probolinggo; Aktivis UKM dan pegiat sosial.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

***

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES