Peristiwa Daerah

Pastikan Pembukaan Museum Sangiran, Pedagang Doakan Sandiaga Uno Jadi Pemimpin

Kamis, 21 Oktober 2021 - 13:25 | 40.67k
Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Sangiran Desa Krikilan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. (foto: MUKHTARUL HAFIDH/TIMES Indonesia)
Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Sangiran Desa Krikilan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. (foto: MUKHTARUL HAFIDH/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SRAGENSandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) mendapat curahan hati dari pedagang di kawasan wisata Museum Sangiran, Sragen, Jawa Tengah.

Sandiaga Uno hadir untuk mengecek kesiapan pembukaan wisata Museum Purbakala Sangiran mengingat situasi Kabupaten Sragen masuk level 2.

Angin segar diberikan Sandi, untuk membuka Museum Sangiran dan Kawasan Pasar Budaya Sangir di Desa Krikilan, saat berkunjung ke Desa Wisata Sangiran Desa Krikilan, Kabupaten Sragen, Sabtu 9 Oktober 2021 lalu.

Sandi yang datang berkunjung bersama dengan rombongan dari Menparekraf sempat berbincang dengan puluhan ibu-ibu dari kelompok pedagang yang mengeluh kalau ekonominya carut-marut sejak pandemi.

Sandiaga Uno a

Salah satu pedagang, Ibu Parni mengeluhkan minimnya pendapatan, meski berjualan namun penutupan museum berimbas pada  pengunjung. Penutupan tempat wisata sangiran yang berlangsung selama dua tahun, memaksa Parni sampai harus menjual sapi mereka untuk bertahan hidup.

Parni salah satu wakil kelompok pedagang yang memberanikan diri bercerita kalau dia harus menjual dua ekor sapinya dan juga menjadi buruh jahit yang penghasilannya Rp20.000 per hari demi menopang kebutuhan sehari-hari.

Menanggapi keluhan tersebut, Sandiaga Uno langsung memastikan pembukaan tempat wisata musium purbakala kepada Bupati Sragen yang menemani selama kunjungan ke desa wisata Sangiran Sragen tersebut.

“Seperti yang Ibu Bupati infokan, pasar budaya Sangiran segera mulai dibuka per Selasa nanti, tapi tentunya harus menjaga protokol kesehatan (prokes),” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Sandi mengungkapkan kalau sektor wisata di tempat tersebut akan dibuka secara bertahap tidak bisa langsung dibuka.

Sandiaga Uno b

Parni juga meminta untuk menyeragaman fasilitas dagang salah satunya etalase. Dengan harapan sehingga higenitas dagangan dapat terjaga.

“Saya perintahkan Staff saya, Bapak Hadi untuk menindaklanjuti masalah ini. Kami memiliki program BEDAKAN yang akan membantu pedagang untuk bisa meningkatkan dagangannya. Nanti akan kami pantau”, terang Sandi menenangkan.

Mendengar solusi yang  disampaikan Menpakraf RI, Ibu Parni pun langsung mengucapkan terima kasih dengan mata berkaca-kaca dan berdoa semoga Sandiaga Uno menjadi pemimpin yang amanah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES