Politik

Akademisi Nilai Anies Baswedan Layak Didukung Jadi Capres 2024

Kamis, 21 Oktober 2021 - 13:06 | 35.91k
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Moh. Ramli/TIMES Indonesia)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Moh. Ramli/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Akademisi dari Institut Agama Islam (IAI) Al Ghurabaa, Jakarta Timur, Edi Sugianto menilai, deklarasi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan oleh Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) sebagai capres 2024 kemarin adalah hal layak.

“Ya saya kira itu adalah deklarasi yang layak, karena mas Anies dalam kepemimpinan DKI Jakarta menunjukkan prestasi yang cukup membanggakan,“ katanya, Kamis (21/10/2021).

Ia menjelaskan, dari sudut pandang kepemimpinan Islam, Anies Baswedan sejauh ini memenuhi syarat sebagai pemimpin masa depan. Kata dia, Anies Baswedan memiliki integritas (shiddiq), tak pernah tersandung kasus hukum, misalnya korupsi dan sebagainya.

“Mas Anies memiliki kredibilitas tinggi (amanah); menunaikan janji politiknya sebagai Gubenur DKI 2017-2022. Kecerdasannya (fathanah) pun tak diragukan, ia pernah masuk dalam tokoh muda dunia,“ jelasnya.

“Mas Anies bersama jajaran pemerintahannya menunjukkan transparansi (tabligh) dalam berbagai programnya. Terbuka dengan berbagai kritik dari oposisi, yang bahkan menyudutkannya,“ sambungnya.

Diketahui, Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera atau ANIES mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan, sebagai calon presiden 2024 nanti. Deklarasi itu digelar di Gedung Joang, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021) kemarin.

Koordinator Deklarator ANIES, Laode Basir menyampaikan, kegiatan ini bermula dari diskusi 4 tahun kepemimpinan Anies Baswedan di Jakarta. Kata dia, pihaknya banyak melakukan diskusi untuk mengkaji perkembangan yang ada di Ibu Kota.

Ia mengaku, banyak komunitas yang terlibat berdiskusi soal perkembangan Jakarta selama dipimpin oleh Mantan Mendikbud RI itu.

“Di masing-masing kami ada kelompok kelompok diskusi mengkaji perkembangan yang ada di Jakarta yang kemudian kami berkumpul dengan tema diskusi pada sekitar seminggu yang lalu refleksi kepemimpinan Anies Baswedan di Jakarta,“ jelasnya.

Ia menilai, Anies telah berhasil memimpin Jakarta. Kata dia, Anies mendapat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri terkait pengelolaan pemerintah yang akuntabel dan transparan.

“Ada satu kata kunci yang menjadi kesepakatan kami bahwa Bapak Anies berhasil memimpin Jakarta. Apa instrumen keberhasilan ini? Sangat banyak yang bisa kita sebut,“ jelasnya.

“Kita bisa ungkap di Agustus kemarin Jakarta kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri tentang pengelolaan pemerintah yang akuntabel, yang transparan, dan banyak penghargaan-penghargaan lain,“ ujarnya.

Dani Kusuma, Deklarator ANIES lainnya melanjutkan, pihaknya tidak berkomunikasi dengan Anies Baswedan secara langsung. Menurutnya, ANIES tak mau mengganggu kerja Anies Baswedan.

“Ketika Pak Anies sudah selesai dari jabatannya sebagai gubernur, pesannya beliau hanya ingin berkeliling Indonesia. Nah, landasannya kami siapin dari sekarang, jadi kami tidak ada komunikasi dengan beliau, kita kerja untuk Indonesia,“ tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES