Peristiwa Daerah

Legenda Kiara Pagerit di Kampus UNPAD Pangandaran

Kamis, 21 Oktober 2021 - 00:15 | 113.61k
Lokasi bangunan Kampus UNPAD Pangandaran yang semula terdapat pohon Kiara Pagerit. (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Inonesia)
Lokasi bangunan Kampus UNPAD Pangandaran yang semula terdapat pohon Kiara Pagerit. (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Inonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Perkampungan di Pangandaran, Jawa Barat  yang saat ini menjadi lokasi kampus Universitas Padjajaran (UNPAD Pangandaran) memiliki legenda yang secara turun temurun jadi ceritra di masyarakat.

Perkampungan yang saat ini berdiri Kampus UNPAD Pangandaran tepat di Dusun Karang Kamulyan, Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Warga sekitar biasa menyebutnya dengan Lembur Serang dan dilokasi tersebut terdapat sebuah pohon Kiara, sehingga populer dengan sebutan Kiara Pagerit.

Salah satu tokoh masyarakat setempat Hernayadi mengatakan, Kiara Pagerit memiliki kisah yang berkaitan dengan tumbangnya Orde Baru 1998.

"Waktu itu di Jakarta tepatnya di Gedung MPR/DPR ribuan mahasiswa melakukan unjuk rasa tahun 1998 menuntut Presiden Suharto berhenti," kata Hernayadi, Rabu (20/10/2021).

Tidak lama dari tuntutan mahasiswa kepada Presiden Suharto untuk berhenti dari jabatannya, salah satu batang pohon Kiara patah.

"Pohon Kiara itu patah di bagian atas hingga terbelah dan tidak lagi terlihat gagah seperti sebelumnya," tambah Hernayadi.

Selang beberapa hari pohon Kiara itu pohon Kiara itu roboh dari mulai bagian akar.

"Kami sering mendengar penggalan sebuah mitos lokal bahwa pohon Kiara itu tempat serang atau tempat melihat dan sebagai salah satu media penunjuk waktu," jelasnya.

Jika seseorang pepergian ke lokasi hutan, maka yang jadi patokan adalah ujung batang pohon Kiara Pagerit.

"Kalau bepergian ke hutan sudah tidak melihat ujung pucuk pohon Kiara Pagerit, maka lebih baik jangan melanjutkan perjalanan karena akan nyasar diperjalanan," tutur Hernayadi.

Lokasi Kiara Pagerit juga memiliki penjabaran luas yang artinya Pagerna Riwayat atau batas perjalanan. Mungkin saja kalimat pagerna riwayat tersebut adalah lengsernya kekuasaan Orde Baru.

"Konon orang tua di sini berkata jika sebuah riwayat sudah tuntas, maka lokasi Kiara Pagerit bakal berubah menjadi Karang Kamuliaan atau lokasi yang dimuliakan," papar Hernayadi.

Beberapa penggalan mitos lokal itu terbukti dengan berdirinya Kampus UNPAD Pangandaran, dimana lokasi Kiara Pagerit jadi tempat untuk mencari ilmu para generasi muda di Kabupaten Pangandaran.

"Penggalan mitos lokal Kiara Pagerit atau pagerna riwayat disambung dengan kalimat lainnya yaitu, Lamun Rek Ngabangun Apu na ti Guha Parat," ucapnya.

Terusan mitos itu jadi kenyataan karena diareal Kiara Pagerit saat ini jadi sebuah kawasan galian C yang jadi bahan dasar pembangunan konstruksi proyek di Kabupaten Pangandaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES