Peristiwa Daerah

Program Mageri Segoro, Polairud Polres Kebumen Cek Berkala Tanaman Mangrove

Rabu, 20 Oktober 2021 - 17:06 | 29.21k
Sat Polairud Polres Kebumen bersama TNI Al patroli tanaman mangrove program Mageri Segoro. (FOTO : Humas Polres Kebumen For TIMES Indonesia)
Sat Polairud Polres Kebumen bersama TNI Al patroli tanaman mangrove program Mageri Segoro. (FOTO : Humas Polres Kebumen For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEBUMEN – Satuan Polairud Polres Kebumen bersama TNI AL melakukan pengecekan tanaman Mangrove, Rabu (20/10/2021). Pengecekan ini dilakukan secara berkala guna melihat kondisi tanaman mangrove yang baru ditanam.

Upaya ini juga guna menyukseskan program Mageri Segoro yang digagas bersama Polda Jawa Tengah. Seperti diketahui,  sedikitnya 50 ribu bibit mangrove berhasil ditanam, hingga saat ini penanaman masih terus dilakukan.

Sementara total keseluruhan program ini adalah 1 juta pohon mangrove.   Penanaman dilakukan bertahap hingga akhir Desember 2021 dibawah bawah komando Polda Jateng.

Diketahui, tumbuhan mangrove yang baru ditanam masih memiliki akar yang rapuh yang mudah tercabut jika dihantam ombak cukup besar. Untuk menyiasatinya, Sat Polairud Polres Kebumen bersama dengan Relawan harus memasang pagar untuk melindungi tanamanan mangrove agar tidak tercabut dan terus tumbuh.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman menyampaikan, program "Polda Jateng Mageri Segoro" harus sukses dan seluruh tanaman mangrove bisa tumbuh dan rimbun.

"Setelah ditanam, tanaman itu dirawat dan dicek secara berkala. Hal ini untuk memastikan tanaman mangrove bisa tumbuh subur untuk manfaat yang lebih baik kedepannya," jelas Iptu Tugiman.

Ditambahkan, Polres Kebumen bersama instansi terkait sedang menggelar kegiatan penanaman 50 ribu pohon mangrove. Penanaman Pohon merupakan program Kapolda Jateng, Polda Jateng Mageri Segoro.

Mageri Segoro artinya memberikan pagar lautan dengan tanaman mangrove. Penanaman masih terus dilakukan secara bertahap hingga Bulan Desember tahun ini.

Program ini sekaligus dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN) di tengah Pandemi Covid-19 melalui rehabilitasi hutan mangrove yang sudah dicanangkan Presiden RI Jokowi (Joko Widodo). Untuk itu, Polairud Polres Kebumen mengawasi program ini secara berkala. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES