Peristiwa Daerah

Wow Tes SKD CPNS di Kemenkumham Jatim, Petugas Berpakaian Squid Game

Rabu, 20 Oktober 2021 - 15:18 | 97.42k
Petugas penjaga tes SKD CPNS di Kemenkumham Jatim saat menggunakan pakaian ala pink soldier Squid Game, Rabu (20/10/2021). (Foto: dok. Kemenkumham Jatim)
Petugas penjaga tes SKD CPNS di Kemenkumham Jatim saat menggunakan pakaian ala pink soldier Squid Game, Rabu (20/10/2021). (Foto: dok. Kemenkumham Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Ada yang berbeda dengan suasana tes SKD (Seleksi Kompetisi Dasar)  CPNS (Calan Pegawai Negeri Sipil) di  Kanwil Kemenkumham Jatim, Rabu (20/10/2021). Pasalnya seluruh petugas menggunakan pakaian ala pink soldier dalam film seri squid game.

Suasana ala Squid Game memang sudah terasa sejak para peserta Sesi II hari ke-12 memasuki venue di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Peserta yang menunggu di halaman depan diarahkan untuk menghadap ke arah Graha Widya. Tak berselang lama, sirine pun berbunyi. Dari dalam Graha Widya, muncul lima pink soldier. Karakter penjaga dalam film besutan Hwang Dong-Hyuk itu.

tes SKD CPNS squid game 2

Backsound mencekam khas film serial yang tayang di Netflix itu turut mengiringi pink soldier menghampiri para peserta. Kelima pink soldier yang bertugas dilengkapi juga dengan senjata laras panjang. Bukannya takut, para peserta ujian justru takjub dan memberikan applaus meriah. "Seru banget, bikin seneng," ujar Aini Sholikah, salah satu peserta.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono mengatakan bahwa pihaknya memang ingin menciptakan suasana yang berbeda dalam seleksi CPNS. Hal tersebut agar tidak monoton, "Kami ingin membuat peserta lebih rileks dan bahagia," ujar Krismono.

Pria kelahiran Yogyakarta itu menjelaskan Squid Game dipilih karena ada kemiripan antara permainan asal Korea Selatan itu dengan seleksi CPNS. Karena, lanjut Krismono, peserta harus melewati berbagai macam rintangan dalam permainan. Orang yang bertahan sampai akhir akan mendapat hadiah.

tes SKD CPNS squid game 3

"Dalam hal ini, bagi yang sukses akan diangkat menjadi CPNS Kemenkumham," urainya. "Tapi bedanya, Squid Game diikuti orang-orang putus asa, sedangkan seleksi CPNS diikuti masyarakat yang penuh semangat dan optimisme," imbuhnya.

Krismono juga menjelaskan bahwa faktor mental peserta menjadi salah satu yang dominan dalam mengerjakan soal. Banyak peserta yang terlalu tegang, sehingga hasilnya kurang memuaskan. Untuk itu, dengan kreativitas panitia, dia berharap akan sedikit mengendurkan ketegangan yang ada.

"Kami berharap melalui seleksi ini mendapatkan SDM yang mumpuni secara intelektual dan integritas," harap Kakanwil Kemenkumham Jatim ini saat tes SKD CPNS di instansinya yang menampilkan squid game. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES