Peristiwa Daerah

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Ponpes Nurul Huda Adong Gelar Shalawat

Selasa, 19 Oktober 2021 - 12:57 | 71.09k
Suasana shalat dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Ponpes Nurul Huda Andong, Dusun Gogik, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Senin (18/10/2021) malam. (FOTO: Dok. Gus Agung for TIMES Indonesia)
Suasana shalat dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Ponpes Nurul Huda Andong, Dusun Gogik, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Senin (18/10/2021) malam. (FOTO: Dok. Gus Agung for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGELANG – Umat muslim Indonesia hari ini merayakan hari lahi atau Maulid Nabi Muhammad. Suasana kemeriahan maulid terlihat di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Huda Andong, Dusun Gogik, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Senin (18/10/2021) malam. Ponpes asuhan Gus Agung Rimawan ini menggelar shalawat bersama dengan warga setempat.

Komunitas  kesenian rebana Desa Bandungrejo, Ngablak, Magelang yang dipimpin Kepala Desa Bandungrejo Pujiyono  ikut memeriahkan acara tersebut bersama para santri.

Gus Agung mengatakan, peringatan maulid nabi ini bertujuan untuk menjalin persaudaraan antara santri dengan warga sekitar Punggung Gunung Andong.

Maulid Nabi Muhammad SAW b

“Peringatan maulid nabi ini sebagai wujud kegembiraaan atas kelahiran Nabi Muhammad SAW sekaligus montentum untuk mentauladani segala sikap dan perilaku kanjeng nabi. Termasuk meneladani perjuangan nabi sebagai pemimpin umat Islam,” jelas Gus Agung.

Menurut Gus Agung, Nabi Muhammad diutus sebagai rohmatan lil alamin. Artinya, rohmat atau karunia seluruh alam semesta. Hal itu kita jadikan pijakan dalam segala kegiatan kita agar selalu memberi manfaat seluas luasnya.

Agar acara tersebut semakin semarak, Gus Agung mengerahkan pasukan rebana sebanyak 313 orang. Hal tersebut di maksudkan untuk mengenang kehebatan, keberanian dan pengorbanan pasukan perang badar yang merupakan pasukan Islam yang dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad SAW.

Dengan demikian, para santri dan masyarakat bahu membahu, solid, dan pantang mundur demi tujuan yang mulia yaitu kebahagiaan dan kesejahteraan dunia dan Akherat. Gus Agung mengajak merenungkan pengorbanan nabi selama hidupnya.

“Kita umat kanjeng Nabi, katanya mau meneladani. Tetapi berkorban sedikit saja masih enggan. Dimana mahabah kita?," tuturnya, Putra Pendiri Ponpes Nuruh Huda Andong, alm. Abah KH Mas'ud Toha ini.

Maulid Nabi Muhammad SAW c

Ia meminta umat islam jangan pernah menunda ketika akan melaksanakan niat baik. Dalam kesempatan tersebut, Gus Agung mengapresiasi yang tinggi kepada Kepala Desa Bandungrejo Pujiyono atas keberhasilannya menghimpun dan menggerakkan masyarakatnya berkegiatan positif dengan cara gemar bersholawat.

Gus Agung meminta partisipasi aktif warga masyarakat agar selalu mendukung keberadaan Ponpes Nurul Huda Andong dengan bersama sama berkegiatan demi kemajuan masyarakat umumnya dan umat Islam pada khususnya.

Gus Agung menerangkan, siapa yang ikut bershalawat maka akan membuat hati senang dan mendapatkan pahala besar. “Teruslah bersolawat dengan hati gembira jangan ada pamrih apapun. Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan,” terang Gus Agung Rimawan, pengasuh Ponpes Nurul Huda Andong. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES