Peristiwa Nasional

Korlantas Polri Luncurkan Program Digitalisasi Road Tax, Apa Tujuannya?

Senin, 18 Oktober 2021 - 20:18 | 48.86k
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono bersama Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri  Mochamad Ardian (kanan) dan Direktur MRTI Jasa Raharja Amos Sampetoding (kiri) pada soft launching digitalisasi road tax. (Foto: Dok. Korlantas Polri)
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono bersama Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri  Mochamad Ardian (kanan) dan Direktur MRTI Jasa Raharja Amos Sampetoding (kiri) pada soft launching digitalisasi road tax. (Foto: Dok. Korlantas Polri)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Jasa Raharja meluncurkan program Digitalisasi Road Tax melalui stiker berpengaman hologram sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Program ini bertujuan mendukung gerakan tertib bayar pajak yang digaungkan pemerintah, serta mendorong transformasi digital dalam pelayanan publik, khususnya perpajakan kendaraan bermotor.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mendukung inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Kemendagri dalam rangka peningkatan pajak daerah.

“Saya mendukung sepenuhnya inovasi-inovasi yang dilakukan Kemendagri dalam rangka peningkatan pajak daerah, ini adalah fungsi kontrol kita dan mekanisme yang lebih efektif untuk penandaan-penandaan protek ini untuk kendaraan,” ungkap Istiono di Hotel Shangrila Jakarta, Senin (18/10/2021).

Jendral bintang dua ini juga menambahkan dengan adanya Digitalisasi Road Tax bisa memudahkan kontrol petugas di lapangan.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono aDigitalisasi road tax ini merupakan inovasi dari pelayanan pajak kendaraan bermotor. (Foto: Instagram ditjenbinakeuda) 

“Dengan demikian kita dilapangan juga mudah untuk melihat, bahwa ini sudah bayar kendaraannya sudah bayar pajak atau belum,” tambah Istiono.

Dalam kesempatan yang sama Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri  Mochamad Ardian mengatakan ke depan pihaknya bersama Korlantas Polri dan Jasa Raharja akan terus mendukung dan mendorong inovasi-inovasi guna mendukung meningkatkan masyarakat dalam membayar pajak dan menyatukan data semua instansi terkait.

“Maka kedepan juga kami bersama Korlantas Polri dan Jasa Raharja akan terus mendorong inovasi-inovasi, guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak serta menyatukan data,” ujar Adrian.

Sementara itu Direktur MRTI (Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi) Jasa Raharja Amos Sampetoding menuturkan mendukung Digital Road Tax, ia berharap program ini bisa berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat untuk peningkatan pendapatan asli daerah dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

“Sekali lagi kami sangat mendukung Digitalisasi Road Tax yang sudah dicanangkan Pak Dirjen, mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat untuk peningkatan pendapatan asli daerah dan pelunasan SWDKLLJ,” ungkap Amos.

Untuk diketahui Digitalisasi Road Tax yang diluncurkan Korlantas Polri ini merupakan program alih media dari pelayanan manual dan dalam bentuk cetakan, kertas tanda bukti kewajiban pembayaran pajak kendaraan bermotor dan SWDKLLJ, menjadi dalam bentuk format digital stiker berpengaman hologram dengan QR Code. Serta terekam dalam server komputer milik SAMSAT yang dapat diakses secara online oleh petugas maupun peserta wajib pajak.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES