Pemerintahan

Atasi Sampah Overload, Bupati Kediri Resmikan Pengoperasian TPAS Sekoto

Senin, 18 Oktober 2021 - 19:33 | 41.28k
Bupati Kediri dengan kepala dinas Lingkungan Hidup kabupaten Kediri saat tinjau TPAS di sekoto (FOTO: Diskominfo Kabupaten Kediri)
Bupati Kediri dengan kepala dinas Lingkungan Hidup kabupaten Kediri saat tinjau TPAS di sekoto (FOTO: Diskominfo Kabupaten Kediri)

TIMESINDONESIA, KEDIRIPemkab Kediri meresmikan pengoperasian TPAS baru yang dihadiri langsung oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, dan kepala Dinas Lingkungan Hidup, Putut Agung Subekti serta jajaran satker terkait lainnya, Senin (18/10/2021).

"Alhamdulillah hari ini kita sudah meresmikan TPAS baru yang tidak terpaut jauh jaraknya berdekatan dengan yang lama," ucap Bupati Kediri saat secara simbolis meresmikan pengoperasian TPAS Sekoto.

Dengan konsep baru, diharapkan pengelolaan sampah tak hanya sekedar menaruh sampah pada pembuangan akhir. Namun, ada beberapa hal-hal teknis juga sudah diperhatikan betul dengan konsep baru.

Hanindhito-Himawan-Pramana-3.jpgBupati Kediri saat resmikan TPAS sekoto   (FOTO: Diskominfo Kabupaten Kediri)

Menurut Mas Bup Dhito - sapaan akrab Bupati Kediri ini, seiring perkembangan zaman sampah menjadi sesuatu hal yang sangat esensial. Dengan jumlah penduduk di Kabupaten Kediri sekitar 1.6 juta jiwa, maka sampah yang ditimbulkan diperkirakan kurang lebih 512 ton/ hari.

Saat ini saja sampah yang terkelola Kabupaten Kediri sekitar 23 persen, yang terdiri dari 17 persen penanganan dan 6 persen pengurangan sampah. 

Perlu diketahui, kondisi TPAS Sekoto sebelumnya sudah mengalami oveload. Sehingga berdampak pada kinerja pengelolaan sampah yang stagnan dan tidak memungkinkan untuk melakukan penambahan volume.

TPAS yang baru beroperasi ini memiliki luas yang mencapai empat hektare. Dengan daya tampung 525 ribu M³, yang diperkirakan mampu menampung sampah selama kurang lebih 5 tahun. 

"Tadi saya sampaikan ke Pak Kepala Dinas, tidak hanya hilirnya yang harus kita perhatikan tapi hulunya juga Pasalnya, dengan jangka waktu penampungan yang berumur lima tahun perlu adanya tindakan lain juga. Salah satunya kesadaran di tingkat desa untuk mengelola sampah di tingkat desa, minimal desa punya bank sampah," paparnya.

Diharapkan dengan pengoperasian TPAS Sekoto ini mampu mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Kediri. "Sudah ada tempat baru sedikit banyak akan membantu TPAS yang lama" pungkas Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana selaku orang nomor satu di Pemkab Kediri. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES