Peristiwa Daerah

Peringati Maulid Nabi Muhammad, Baznas Kota Banjar Salurkan Dana 3 Miliar

Senin, 18 Oktober 2021 - 18:30 | 40.50k
Wali Kota Banjar serahkan bantuan dari BAZNAS kepada pelaku UMKM secara simbolis (Foto: Susi/TIMES Indonesia)
Wali Kota Banjar serahkan bantuan dari BAZNAS kepada pelaku UMKM secara simbolis (Foto: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Bertempat di Taman Pusdai Kota Banjar, Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Kota Banjar menggelar Tabligh Akbar dengan mubaligh K.H. Asep Saeurrahman S.H.I untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus Launching Penyaluran ZIS Semester 2 Tahun 2021, Senin (18/10/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, Ketua DPRD, Ketua MUI serta Perwakiln ASN.

Drs. H. Abdul Kohar,M.Pdi, Ketua Baznas Kota Banjar menyampaikan bahwa tupoksi Baznas berdasarkan UU No. 23 tahun 2011 adalah mengumpulkan, menyalurkan dan melaporkan kegiatan pengelolaan ZIS di Kota Banjar.

Dalam perjalanannya, sejak tahun 2008 hingga bulan Juni 2021 Baznas Kota Banjar telah mendistribusikan dana Zakat Infak dan Sodaqoh sebesar Rp 35.698.734.253.

Wali Kota Banjar aWali Kota Banjar saat memberikan sambutan di acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Baznas (foto: Susi/TIMES Indonesia)

"Penambahan secara drastis dimulai sejak 2014, setelah Wali Kota Banjar mengeluarkan kebijakan untuk seluruh ASN membayar zakat profesinya melalui Baznas Kota Banjar dengan penerimaan rata-rata sebesar Rp 425 Juta setiap bulannya," urainya terperinci.

Untuk semester 2 tahun 2021, terang Kohar, Baznas Kota Banjar menyalurkan Rp.3.475.000.000 dengan rincian sebagai berikut:

1. Asnaf Fakir Rp 513.000.000
2. Asnaf Miskin Rp 1.237.000.000
3. Asnaf Muamalat Rp 32.500.000
4. Asnaf Gharimin Rp 80.000.000
5. Asnaf Sabilillah Rp 694.000.000
6. Asnaf Ibnu Sabil Rp 10.000.000
7. Asnaf Amilin Rp 438.750.000

Sementara itu, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menuturkan Baznas Kota Banjar hadir dan bergerak bersama Pemerintah Kota Banjar dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kota Banjar.

Terutama di masa pandemi seperti saat ini, Baznas disebutnya telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

"Penanganan Covid-19 tidak terlepas dari peran serta serta dan bantuan yang disalurkan oleh Baznas Kota Banjar. Apalagi jika semua aghnia di Kota Banjar bersatu, melakukan pembayaran zakat melalui Baznas Kota Banjar, maka akan lebih banyak lagi warga yang akan terbantu," jabarnya.

Wali Kota menambahkan pada bulan Rabiul Awal seluruh umat muslim memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Dikatakannya, dalam rangka memperingati Maulid Nabi, pihaknya mengajak masyarakat untuk meneladani Rasulullah Saw dengan cara memperbaiki diri.

"Mudah-mudahan dengan peringatan ini menjadikan kita lebih bersatu dan tangguh untuk membuat kota Banjar semakin berseri. Kita ambil hikmah dibalik cobaan pandemi Covid-19 yaitu dengan bersatu dalam menangani pandemi," ujarnya.

Peringatan Maulid Nabi dimeriahkan dengan berbagai acara keagamaan yang disesuaikan dengan tradisi sebuah tempat, tak terkecuali dengan melakukan beberapa amalan Maulid Nabi sebagaimana yang dianjurkan.

"Dalam memperingati Maulid Nabi ini diharapkan untuk memperbanyak sedekah. Bulan Maulid Nabi menjadi bulan keberkahan karena bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu seorang muslim dianjurkan untuk memperbanyak bersedekah sebagai bentuk kegembiraan terhadap peringatan Maulid Nabi," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES