Peristiwa Daerah

ABPEDSI Banjarnegara Diharapkan Ikut Kembangkan Potensi di Desa

Senin, 18 Oktober 2021 - 17:18 | 33.49k
Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (DPD ABPEDSI) Kabupaten Banjarnegara Periode 2021-2026 dilantik. (FOTO: Kominfo for TIMES Indonesia)
Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (DPD ABPEDSI) Kabupaten Banjarnegara Periode 2021-2026 dilantik. (FOTO: Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia atau DPD ABPEDSI Banjarnegara periode 2021-2026 dilantik dan dikukuhkan di Pendapa Dipayudha Adigraha, Senin (18/10/2021).

Pelantikan dan Pengukuhan dilakukan oleh Ketua ABPEDSI Provinsi Jawa Tengah dan disaksikan oleh Plh Bupati Banjarnegara, Sekretaris Daerah Banjarnegara beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Banjaregara.

Pengurus Dewan Pimpinan Daerah b

Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin mengucapkan selamat kepada pengurus yang telah resmi dilantik dan dikukuhkan. Dia menyampaikan kepada para pengurus baru untuk bersungguh-sungguh dalam mengemban amanah karena kinerja yang dilakukan nanti adalah demi kepentingan masyarakat.

Disamping itu Syamsudin berharap ABPEDSI tidak hanya melakukan pengawasan terhadap anggaran desa. Dia juga menginginkan agar pengurus ABPEDSI bisa ikut mengangkat dan mengembangkan potensi-potensi unggulan apapun yang ada desa.

Menurutnya, saat ini masyarakat di desa mulai  menggeliat, tumbuh dan berkembang sesuai kreativitas masing masing.  Potensi pertanian, peternakan dan potensi alam yang ada di beberapa desa wilayah Banjarnegara sudah mulai di kelola dengan baik.

Dia meminta ABPEDSI bisa turut mengambil bagian untuk mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat desa. "Kawal geliat pembangunan dan kreativitas masyarakat di desa agar semakin baik. ini akan menjadi bagian dalam mewujudkan Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera," tuturnya

Pengurus Dewan Pimpinan Daerah c

Sementara itu Ketua ABPEDSI Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Ali mengatakan, dengan dilantik dan dikukuhkannya kepengurusan baru ini menjadi wadah yang memudahkan Pemkab Banjarnegara untuk mengkomunikasikan dan menyelesaikan segala hal yang terjadi di pemrintahan desa.

Ali berharap para pengurus mampu bekerjasama serta berkomunikasi dengan pihak pemerintah desa secara baik agar tidak menganggu proses APBDesa yang malah akan menimbulkan kerugian, terutama bagi warga desa.

Dibentuknya ABPEDSI Banjarnegara, jelas Ali adalah untuk melakukan pengawasan pada kinerja pemerintahan desa. Salah satunya adalah untuk mengawasi penggunaan dana desa yang diberikan oleh pemerintah pusat yang kisarannya kurang lebih satu milyar rupiah di tiap-tiap desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES