Indonesia Positif

Rumah Sakit Harapan Sehat Group Ikuti Seminar JKN FKTRL

Senin, 18 Oktober 2021 - 16:24 | 57.87k
Peserta dari RS Harapan Sehat Group dan RS Dedy Jaya mengikuti kegiatan Seminar JKN FKTLR (Foto: Ica RS Harapan Sehat for TIMES Indonesia)
Peserta dari RS Harapan Sehat Group dan RS Dedy Jaya mengikuti kegiatan Seminar JKN FKTLR (Foto: Ica RS Harapan Sehat for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGALRumah Sakit Harapan Sehat Group yang terdiri dari Slawi, Jatibarang, Bumiayu dan Pemalang bersama dengan Rumah Sakit Dedy Jaya mengikuti kegiatan seminar kupas tuntas permasalahan klaim Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tentang Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKTRL) di RS Harapan Sehat Jatibarang, Brebes, Senin (18/10/2021).

Kegiatan tersebut diisi oleh dr. Titi Anggraeni Nasution, MARS dari RS Bhakti Kartini Bekasi dan Asep Supriyatna dari RS Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat.

Direktur RS Harapan Sehat Slawi, dr Muhammad Dipa mengatakan, program JKN merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib (mandatory) berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang SJSN dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.

Rumah Sakit Harapan Sehat 2

"Oleh karena itu, Kami bersama management RS Harapan Sehat Slawi yang sejumlah 4 orang ikut serta dalam seminar itu dengan jumlah total pesertanya sebanyak 20 orang," ucapnya.

Dia menyatakan kegiatan tersebut merupakan peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit terhadap pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam mendorong peningkatan mutu, mendorong layanan berorientasi pasien, mendorong efisiensi tidak memberikan reward terhadap provider yang melakukan over treatment, undertreatment maupun melakukan adverse event dan mendorong pelayanan tim.

"Dengan sistem pembiayaan yang tepat diharapkan bisa mencapai tujuan yang dimaksud yang saat ini terdapat dua metode pembayaran rumah sakit yakni pembayaran retrospektif dan prospektif," bebernya 

dr Dipa berharap melalui seminar tersebut, tim management RS Harapan Sehat bisa mendapatkan ilmu tambahan serta menambah wawasan dalam mengimplementasikan program JKN FKTRL di Rumah sakit. "Semoga bermanfaat untuk kami dan bisa mengoptimalkan seluruh pelayanan yang ada," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES