Peristiwa Daerah

Hujan Deras Guyur Lamongan, Sebabkan TPT Ambrol hingga Pohon Tumbang

Senin, 18 Oktober 2021 - 15:07 | 32.27k
TPT di tepi Jalan Raya Jalan Raya Sugio-Lamongan, tepatnya di Desa Sugio, Kecamatan Sugio, yang ambrol setelah diguyur hujan deras. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
TPT di tepi Jalan Raya Jalan Raya Sugio-Lamongan, tepatnya di Desa Sugio, Kecamatan Sugio, yang ambrol setelah diguyur hujan deras. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANHujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Lamongan menyebabkan Tembok Penahan Tanah (TPT) di tepi jalan raya ambrol hingga terjadinya pohon tumbang.

TPT yang ambrol sepanjang kurang oebih 9 keter dengan kedalaman 3 meter tersebut berada di tepi Jalan Raya Sugio-Lamongan, tepatnya di Desa Sugio, Kecamatan Sugio.

"TPT atau plengsengan ini longsor pada Minggu petang kemarin (17/10/2021), waktu hujan deras," kata Kepala Desa Sugio, Rochim, Senin (18/10/2021).

Jalan Raya Jalan Raya Sugio b

Ambrolnya TPT tersebut sempat terekam kamera warga yang kebetulan sedang berada tak jauh dari lokasi. Dalam video yang beredar di media sosial itu terlihat bahwa ambrolnya TPT tersebut bermula dari adanya aliran air dari sela atau lubang kecil pada TPT.

Tapi lama kelamaan aliran air bertambah besar dan mengeluarkan material berupa pasir dan batu. Sesaat kemudian TPT itu pun ambrol.

Menurut Rochim, TPT yang ambrol tersebut adalah TPT lama yang sudah berusia sekitar 10 tahun, yang kemudian ditumpangi TPT baru agar memiliki tinggi yang seimbang dengan posisi jalan. "Penyebabnya adalah karena hujan deras," ujarnya.

Jalan Raya Jalan Raya Sugio c

Saat ini TPT dekat Lapangan Kecamatan Sugio yang ambrol tersebut telah ditinjau oleh petugas PU Bina Marga Lamongan, untuk segera diperbaiki.

"Ya karena curah hujan yang tinggi, TPT tidak kuat menampung air hingga longsor atau ambrol," katanya.

Selain menyebabkan TPT ambrol, hujan deras yang mengguyur wilayah Lamongan juga menyebabkan pohon tumbang di beberapa titik. Salah satunya berada di Jalan Nasional Lamongan-Surabaya, tepatnya dekat RS NU Babat. Tapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan telah merapikan pohon yang sempat menutupi segbagian ruas jalan nasional tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES