Peristiwa Daerah

Megah dan Instagrammable, JPO GBK Jadi Spot Foto Anak Muda Ibu Kota

Senin, 18 Oktober 2021 - 14:49 | 219.46k
JPO GBK, Jakarta. (FOTO: Kompas)
JPO GBK, Jakarta. (FOTO: Kompas)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada yang tampak berbeda di jembatan penyeberangan orang Gelora Bung Karno atau JPO GBK, Sudirman, Jakarta, khususnya pada malam hari. JPO yang juga terhubung ke halte Transjakarta GBK ini begitu menarik perhatian mata setiap orang yang melintas di sekitar area tersebut.

Ada dua hal menarik dari JPO itu, yakni desain bangunan yang artistik dan tata pencahayaan lampunya yang apik. Tak ayal, JPO GBK dan sejumlah jembatan penyeberangan di Ibu Kota kini tak hanya sekadar tempat menyeberang. Tapi menjadi spot yang menarik untuk berfoto. Para kaum millenial biasa menyebutnya JPO yang instagramable.

JPO GBK berada di Jalan Jenderal Sudirman. Ini merupakan salah satu JPO yang memiliki arsitektur unik karena memiliki bentuk spiral (melingkar-lingkar) dan dihiasi lampu-lampu warna-warni di malam hari, sangat menawan. JPO ini menjadi favorit warga Jakarta.

Fasilitas umum ini terlihat futuristik dan dinamis. JPO GBK menggunakan atap transparan, lantai yang terbuat dari kayu dan pegangan kanan kiri berupa besi yang memberikan kesan mewah. Setiap akhir pekan, JPO ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin berswafoto dengan latar belakang JPO GBK yang artsy.

Fakta Peresmian JPO GBK

JPO GBK diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di hari yang sama dengan peresmian JPO Bundaran Senayan dan JPO Polda Metro Jaya pada 28 Februari 2019.

Ketiga JPO tersebut memiliki design yang unik dan modern lengkap dengan lampu LED yang mempercantik tata pencahayaan yang akan memperindah kota, cctv yang beroperasi selama 24 jam, 2 unit lift, guidance block yang tentunya ramah bagi kaum disabilitas dan ibu hamil. Seluruh JPO juga terkoneksi dengan Busway.

JPO GBK bJPO GBK, Jakarta. (FOTO: Instagram Anies Baswedan)

JPO GBK memliki panjang bentang sepanjang 66,5 m, menggunakan material cincin berbahan Sandwich Panels, atap Solid Polycarbonate dan GRM Biowood. Dalam Sambutannya, Gubernur DKI Jakarta berharap bahwa dengan diresmikannya ketiga JPO ini, warga yang melintas mendapatkan pengalaman baru yang unik.

Anies mengungkapkan, proyek revitalisasi JPO ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan bagi para pejalan kaki dan pengguna Transjakarta. Supaya dapat menyeberang dengan aman termasuk bagi para penyandang disabilitas, wanita hamil, dan lanjut usia.

"ni menjadi hari yang membahagiakan karena salah satu project yang bisa menjadi penanda Ibu Kota, hari ini telah tuntas. JPO ini dirancang agar ramah disabilitas sehingga kota ini menjadi contoh kesetaraan bagi semua dalam setiap aspek, termasuk infrastruktur perkotaannya," ungkap Anies.

Artistiknya dibuat dengan detail desain cincin material yang ramah lingkungan (green resource material - GRM) pada bagian luar gelagar JPO sehingga tampak menarik baik dari bagian dalam maupun luar JPO.

Selain itu, juga dilengkapi lampu LED yang dapat menghasilkan beberapa kombinasi warna yang dapat berubah-ubah sehingga dapat mempercantik JPO pada malam hari.

"Ketiga JPO ini (JPO GBK, JPO Bundaran Senayan dan JPO Polda Metro Jaya) juga dibuat terintegrasi dengan halte Transjakarta. Bahwa bukan saja fungsinya yang bisa memenuhi kebutuhan warga, tetapi artistiknya bisa membawa suasana baru, suasana keindahan," demikian jelas Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES